Home Daerah Harga Tiket Meroket, 433 Penerbangan di Pekanbaru Dibatalkan

Harga Tiket Meroket, 433 Penerbangan di Pekanbaru Dibatalkan

by Redaksi

PEKANBARU (Harian Medan) – Tingginya harga tiket penerbangan berdampak pada aktivitas di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau. Sampai hari ini, sudah 433 penerbangan dibatalkan (cancel).

General Manager (GM) Angkasa Pura II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait mengatakan bahwa jumlah penerbangan yang dicancel itu terjadi dari 1-21 Januari 2019. Kemungkinan jumlah penerbangan yang dicancel akan semakin sebanyak, mengingat harga tiket yang masih tinggi hampir semua maskapai penerbangan.

“Penebangan terbanyak cancel adalah domestik,” ucap Jaya.

Dia menjelaskan, untuk penerbangan domestik ada sebanyak 429 yang dibatalkan. Dia merincikan penerbangan kedatangan ke Pekanbaru ada 212 penerbangan. Sementara untuk keberangkatan ada 217 yang terpaksa di-cancel.

Dia menjelaskan,banyak dibatalkan terjadi 12 dan 15 Januari dengan masing-masing 35 penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan. Sementara paling banyak terjadi pada tanggal 19 Januari dengan jumlah 36 penerbangan.

“Rute yang paling banyak di cancel adalah Pekanbaru-Jakarta dan sebaliknya,” imbuhnya.
Maskapai yang paling banyak melakukan pembatalan adalah Lion Air. Maskapai yang selalu ‘rajin’ delay ini melakukan pembatalan sebanyak 138. Disusul maskapai Garuda Indonesia dengan jumlah 129 pembatalan penerbangan.

Rendahnya aktivitas penerbangan di bulan ini menjadi sejarah di Pekanbaru karena jumlahnya cukup banyak di cancel. “Untuk bulan dan tanggal ini yang terbanyak. Tapi harus dibedakan saat kabut terjadi bencana kabut asap beberapa tahun lalu,” imbuhnya seperti dilansir okezone.

Selain penerbangan domestik, penerbangan internasional dari dan ke Pekanbaru juga terganggu. Namun dampaknya tidak begitu parah.

”Untuk penerbangan internasional, hanya ada empat penerbangan yang di-cancel selama tiga Pekanbaru. Penerbangan di Pekanbaru minimal ada 86 penerbangan dan maksimal 96 penerbangan per hari,” tukasnya. (Oke)

Baca Berita Lainnya