Home Medan Kantor Pertanahan Medan Ajak Pemilik Tanah di Amplas Bikin Sertifikat dan Pasang Tanda Pembatas

Kantor Pertanahan Medan Ajak Pemilik Tanah di Amplas Bikin Sertifikat dan Pasang Tanda Pembatas

by Redaksi

Medan – Kepala Kantor Pertanahan Kota Medan Fahrul Husein Nasution mengimbau masyarakat agar segera mendaftarkan tanahnya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Terutama bagi masyarakat yang memiliki tanah di tujuh kelurahan di Kecamatan Medan Amplas.

Dijelaskannya, pihaknya mengajak dan merencanakan sebanyak 21.000 bidang tanah dapat disertifikatkan tahun ini.

“Imbauan ini kami sampaikan agar masyarakat yang memiliki tanah di Amplas, namun tidak bertempat tinggal di Amplas, agar mengetahui dan mau berpartisipasi mendaftarkan tanahnya melalui program PTSL,” ujarnya.

Fahrul menjelaskan, pihaknya melakukan kegiatan pengukuran seluruh peta bidang tanah di Kecamatan Amplas dengan target disertifikasikan sebanyak 21.000 bidang.

“Kalau pengukurannya untuk 21.000 bidang tanah pasti dapat. Target sertikatnya sebanyak 12.000 sertifikat Makanya, kami perlu partisipasi masyarakat dalam mensertifikatkan tanahnya,” ucapnya.

Selain itu, Kantor Pertanahan Kota Medan juga mengimbau masyarakat agar membuat tanda pembatas tanah secara permanen. Tujuannya, agar menghindari setidaknya meminimalisir terjadinya konflik sengketa tanah.

“Jadi enggak ada yang tumpang tindih. Kalau masyarakat menjaga tanda batasnya berarti menjaga tanah dan melihat-lihatnya. Otomatis ketika tanahnya dikuasai orang, dia pasti tahu. Terutama terhadap tanah-tanah kosong,” katanya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai pendaftaran dan sertifikat tanah dapat menghubungi lurah setempat, atau langsung mendatangi Kantor Pertanahan Kota Medan.

Untuk biaya pendaftaran, BPN menegaskan tidak dipungut biaya alias gratis. Di samping itu, masyarakat juga sudah sangat dimudahkan atas pemotongan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar 75 persen.

Tribun Medan

Baca Berita Lainnya