oleh

Muhammad, Nama Paling Populer di Norwegia Selama 11 Tahun Berturut-turut

-Dunia-3 views

Oslo (Harian Medan ) – Sejak 2008, Muhammad dan berbagai variasinya menjadi nama anak laki-laki paling populer di Ibu Kota Oslo, Norwegia, dan semakin populer di 2018. Muhammad dengan sukses menggeser nama Oscar, Aksel, dan Jacob sebagai nama bayi laki-laki paling populer di kota itu.
Sementara di kota-kota lainnya di Norwegia, nama yang paling populer ialah Lucas, Filip, dan Oliver. Karena nama inilah, Oslo dinilai aneh oleh kota-kota lainnya.

“Oslo ini berbeda sendiri. Di sini, nama-nama yang berbeda paling populer daripada di tempat lain di negara ini. Ini selalu terjadi,” kata Penasihat Senior Statistik Norwegia, Jrgen Ouren kepada mediaberita¬†lokal Vrt Oslo, sebagaimana dilansir dari Sputnik News, Kamis (24/1).

Nama Muhammad mulai populer sejak 2008, seiring dengan pertumbuhan komunitas muslim yang tinggal di kawasan metropolitan. Pada 2018, tercatat sebanyak 8,7 persen penduduk Oslo beragama Islam, bersama dengan imigran Pakistan, Somalia, Irak, dan Maroko membentuk komunitas terbesar di kota itu.

“Nama-nama yang populer di Oslo kerap sangat berbeda dari kota-kota lain di seluruh negeri. Ada sedikit perbedaan antara penduduk yang tinggal di sini dibandingkan di kota lain. Seringkali kita lihat, ada nama yang populer di Oslo dan kemudian menyebar ke seluruh negeri,” jelas Ouren.

Populasi imigran di Oslo terbesar di seluruh negeri dan warga yang lahir dari orang tua imigran. Dari 624.000 penduduk Oslo, sekitar 190.000 adalah imigran atau lahir dari orang tua imigran, mewakili 30,4 persen dari populasi ibu kota. Di beberapa pinggiran kota, jumlah imigran melebihi 50 persen dari penduduk. Sebaliknya, rata-rata nasional adalah 17,3 persen.

Menurut peneliti dari Universitas Bergen, Ivar Utne, seiring dengan popularitas nama tertentu ini, ada pengaruh tren internasional, dan nama-nama yang paling populer di Norwegia juga menjadi tren di negara-negara terdekat. (Mdk)

Komentar

News Feed