Home Daerah Sihar Sitorus Ajak Pengunjung Jaga Kebersihan Danau Toba

Sihar Sitorus Ajak Pengunjung Jaga Kebersihan Danau Toba

by Redaksi

Samosir (Harian Medan) – Sihar P H Sitorus, calon legislatif PDI Perjuangan melakukan rangkaian kunjungan ke Kabupaten Samosir untuk menosialisasikan acara Spiritual Bagi Danau Toba dan Gunung Sinabung beberapa waktu lalu.

Dalam kunjunganya ini Sihar Sitorus menaiki beragam transportasi yang ada di Danau Toba, seperti menyebrang dari Parapat menuju Samosir menggunakan KMP Ihan Batak.

Kemudian menyebrang kembali dari Samosir ke Parapat menggunakan Speed Boat. Saat menyebrang dengan Speed Boat, Sihar mengaku kagum dengan indahnya Danau Toba.

Namun ia merasa kecewa ketika melintasi Danau Toba, di tengah perjalanan mendapati banyak sampah berserakan di danau. Sepanjang perjalanan Sihar bergumam sendiri, “Wah kotor ya.”

Saat ditanya mengenai pengalaman naik speed boat melintasi Danau Toba, Sihar mengaku menikmatinya. “Naik Speed Boat asyik, anginnya sepoi-sepoi, sampai ngantuk. Tapi tadi di dekat pinggir pantai banyak sampah botol plastik berserakan, sayang sekali,” ujarnya.
Sihar berharap kebiasaan mengotori wilayah sekitar Danau Toba dapat segera dihentikan.

Bagaimanapun Danau Toba merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa untuk Bangso Batak (baca: orang Batak) yang harus dijaga.
“Stoplah mengotori Danau Toba, apa tidak sayang danau yang tidak hanya merupakan kebanggaan Bangso Batak, tapi juga Bangsa Indonesia harus kotor karena kelalaian kita,” ujar Sihar.

Sihar yang juga merupakan Ketua Umum Acara Spiritualitas Danau Toba dan Gunung Sinabung berharap pekerjaan membangkitkan Danau Toba tidak hanya pekerjaan satu pihak saja, melainkan hasil gotong royong semua lapisan termasuk masyarakat dan pemerintahan.

Sebelum kembali ke Medan, Sihar sebelumnya mengunjungi Pusat Informasi Kaldera Toba. Sihar disambut Wilmar Simanjorang yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Samosir dan juga merupakan Direktur di Pusat Informasi Kaldera Toba.

Wilmar Simanjorang berharap banyak kepada Sihar untuk dapat membawa perubahan untuk Danau Toba.

Meski menelan kekecewaan ketika pasangan Djarot-Sihar yang diharapkan nya mampu membawa perubahan tidak menang dalam Pilgubsu, harapannya bangkit ketika Sihar memantapkan langkahnya untuk menuju legislatif.

“Saya sudah lama kecewa sama pemerintahan, dan sudah berharap DJOSS mampu membawa perubahan baru untuk Danau Toba. Namun, bagaimana Tuhan berkata lain dan saya berharap Sihar mampu mewujudkannya di kursi legislatif,” tutur Wilmar.

Selain berkeliling Pusat Informasi Kaldera Toba, Wilmar juga mengajak Sihar melihat tanaman-tanaman endemik Danau Toba di sekitar wilayah Pusat Informasi Kaldera Toba.

Meski harus melewati semak dan rumput yang tinggi, Sihar tetap bersemangat mengikuti Wilmar untuk melihat tanaman-tanaman tersebut. (ms)

Baca Berita Lainnya