oleh

Bawaslu Palas Rekrut 725 Pengawas TPS dan Pelatihan Saksi

Harian Medan-Bawaslu Kabupaten Padang Lawas merekrut petugas pengawas TPS untuk Pemilihan Umum serentak 2019 dalam menyukseskan Pemilu. Informasi dihimpun Bawaslu sampai Senin (25/2), jumlah pendaftar 768 orang terdiri dari laki-laki 471 orang dan perempuan 297.

“Petugas dibutuhkan untuk direktur menjadi pengawas TPS berjumlah 725 orang dengan ketentuan per TPS sebanyak 1 orang,”kata Ketua Bawaslu Palas, Rahmat Efendi Siregar SS didampingi Koordinator Divisi Pengawas dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) dan Rafles Purba SHi, Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS).

Menurut Rahmat, perekrutan pengawas TPS diperpanjang sampai Rabu (27/2) sesuai surat resmi edaran Bawaslu No 2205/K.Bawaslu Provsu-16/TU.00.01/2/2019 tentang perpanjangan waktu perekrutan pengawas TPS.

Menjawab pertanyaan wartawan, Selasa (26/2), Rahmat menjelaskan, sejak diumumkannya proses rekrutmen tenaga pengawas TPS untuk Pemilu serentak tahun 2019 jumlah yang mendaftar 768 orang. Proses perekrutan dilaksanakan secara selektif agar dapat menjalankan tugas pengawasan dengan baik di lokasi TPS masing-masing nanti.

Untuk kebutuhan tenaga pengawas TPS dibutuhkan sebanyak 725 orang sesuai jumlah TPS. Selain itu, Bawaslu juga menekankan kepada pengurus partai politik peserta Pemilu, agar segera mengirimkan nama-nama, saksi di TPS, paling lambat sampai Kamis (28/2) ke pihak Bawaslu Palas.

Disinggung sudah berapa parpol yang telah menyampaikan nama saksinya, Rahmat menegaskan, sampai saat ini belum ada satu parpol pun yang telah menyampaikan nama saksi di TPS. Sedangkan batas waktu hanya tinggal dua hari lagi.

Bawaslu telah menyampaikan, pemberitahuan kepada parpol agar segera mengirimkan nama calon saksi TPS. Dengan tujuan untuk diberikan pelatihan yang pelaksanaan dilakukan di kecamatan masing-masing. “Nama-nama calon saksi harus sudah disampaikan ke Bawaslu Palas, paling lambat sampai 28 Februari sesuai UU No 7/2017 tentang Pemilu dan menindaklanjuti surat Bawaslu,”pungkasnya. (ha)

Komentar

News Feed