oleh

Ditahan Karena Kasus Pencurian Motor, Tersangka Ternyata ASN Dinkes Pemko Binjai

-Binjai-2 views

Binjai (Harian Medan)-ASN bernama Septo Listito Sinulingga, di Dinas Kesehatan Kota Binjai resmi ditahan sebagai pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor.

Septo diketahui Warga Jalan Sukun, Pasar VIII, Kelurahan Sukamaju, Binjai Barat. Pria berusian 34 tahun ini diciduk Unit Reskrim Polsek Binjai Utara dari persembunyiannya.

“Tersangka kami tahan, karena tersandung kasus pencurian sepeda motor. Tersangka ditangkap di Jalan Askela, Barak Dempo, Kelurahan Pahlawan, malam.” kata Kanit Reskrim Polsek Binjai Utara, Iptu Rubenta Tarigan di Kantin Mapolres Binjai, Jumat (1/2/2019)

Karier sebagai ASN kandas. Septo ditangkap berdasarkan Laporan Arina Fransiska Sinaga sesuai dengan Laporan Polisi Nomor 03/I/2019/SPKT Binjai Utara.

Iptu Rubenta menjelaskan, kronologis penangkapan tersangka bermulanya ketika pergi ke rumah pelapor ingin meminta tambahan uang hasil gadaian sepeda motor Honda Beat BK 6789 RAW. Namun, Septo tak menemui pelapor dan main bawa kabur begitu saja sepeda motor yang digadainya.

“Sesampai di rumah pelapor, tersangka mau ambil tambahan uang gadai keretanya, tapi tersangka tidak berhasil ditemui. Karena gak ketemu, tersangka lihat sepeda motornya dengan kunci lengket. Di situ lah langsung dibawanya kabur,” ujar Rubenta.

Ditanyai, soal gadai menggadai, Rubenta tidak tahu persis masalah jumlah nilai gadai yang disepakati.

“Kami tidak tahu berapa yang mereka sepakati. Soal itu kami tidak mencampuri,” kata Rubenta

Dalam laporan di kepolisian, pelapor mengaku kaget, ketika pulang ke rumah melihat sepeda motor gadaian tersangka raib tiba-tiba di rumahnya. Pelapor sempat melakukan upaya pencarian. Lantaran tidak ketemu, muncul lah inisiatif melapor ke polisi.

“Pelapor berusaha melakukan pencarian. Tapi tidak berhasil menemuinya. Oleh pelapor memilih melaporkan ke pihak kita, Polsek Binjai Utara,” ujarnya.

Pasca laporannya, petugas langsung bergerak cepat. Sejumlah informasi dan data-data yang ada cukup banyak sehingga memudahkan petugas mengetahui keberadaan tersangka.

“Keberadaan tersangka diketahui bersembunyi di sekitaran rumah pelapor. Ta‎pi, sepeda motor belum didapat. Saat ini masih dalam upaya pencarian,” sambung mantan Kanit Tipiter Polres Binjai ini.

Atas perkara ini, penyidik sudah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulai Penyidikan (SPDP) kepada Kejaksaan Negeri Binjai. Hingga kini, penyidik tinggal melengkapi pemberkasan untuk pelimpahan tahap. ASN Dinkes ini sangkakan Pasal 362 KHUPidana. (tr)

Komentar

News Feed