oleh

Gerhamnas Minta Pemkab Simalungun Jadikan Sajian Berbahan Ikan Menjadi Makanan Tradisonal Khas Kawasan Danau Toba

-Daerah-49 views

Simalungun (Harian Medan)-Gerakan Harungguan Masyarakat Adat Simalungun (GERHANMAS) meminta Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun ikut aktif mempromosikan masakan ikan tradisional Simalungun sebagai kuliner khas di kawasan Danau Toba.

Ketua Umum GERHANMAS, Sarmuliadin Sinaga di sela-sela acara lomba masak ikan tradisional Simalungun yang dilaksanakan dengan dukungan PT JAPFA Comfeed Indonesia, di mess Pora-Pora Pemprovsu, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Selasa (11/12/2018), mengaku prihatin masakan khas Simalungun belum menjadi kuliner khas bagi wisatawan yang datang ke Danau Toba.

Padahal, menurutnya, Danau Toba yang merupakan bagian dari Kabupaten Simalungun seharusnya bukan hanya dikenal sebagai daerah tujuan wisata nasional, namun juga harus menjadi daerah tujuan wisata kuliner dengan makanan khas daerah Simalungun.

“Untuk makanan khas Simalungun berbahan ikan ada ikan nani arsik dan ikan bakar dengan bumbu tinuktuk yang sangat khas menjadi makanan tradisonal bagi wisatawan di Danau Toba,” sebut Sarmuliadin.

Karena itu dia berharap Pemkab Simalungun ikut mempromosikan makanan tradisional Simalungun, khususnya berbahan ikan dari danau Toba dengan menggelar even-even kuliner untuk menarik minat wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun,Pahala R Sinaga menyatakan siap mendukung masakan tradisional Simalungun menjadi kuliner khas di Danau Toba.

“Dinas Pariwisata, siap mendukung masakan ikan tradisional Simalungun menjadi kuliner khas bagi wisatawan di kawasan Danau Toba dan akan diupayakan diusulkan jadi agenda pariwisata,” ujar Pahala.

Pihak PT JAPFA, diwakili Government Relation Manager Drh Andhi Trapsilo sangat mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba menjadi destinasi pariwisata nasional, salah satunya dengan ikut mendukung berbagai pihak dalam berbagai kegiatan atau upaya mempromosikan dan melestarikan Danau Toba, termasuk lomba memasak ikan tradisional Simalungun.

“PT JAPFA mendukung penuh upaya mempromosikan dan melestarikan Danau Toba, sehingga mampu menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional,termasuk kegiatan lomba memasak ikan tradisional Simalungun yang diharapkan mampu menjadi sajian kuliner yang disukai wisatawan,” kata Andhi

Kegiatan lomba memasak ikan tradisional Simalungun juga diharapkannya mampu mempromosikan ikan merupakan salah satu sumber protein yang menyehatkan, mencerdaskan dan terjangkau bagi masyarakat. (mbd)

Komentar

News Feed