oleh

Heboh Wacana Perubahan Merdeka Walk Jadi Ruang Terbuka Hijau

-Medan-13 views

Harian Medan – Merdeka Walk sudah menjadi ikon Kota Medan dan image tersebut sudah tersosialisasi dalam lokasi perjalanan wisata lokal dan manca negara.

“Jika ada wacana lokasi Merdeka Walk akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kembali, ini merupakan langkah mundur dan prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ujar anggota DPRD Medan, H Irsal Fikri, Rabu (20/2), menanggapi wacana yang diungkap Gubsu untuk menjadikan Merdeka Walk sebagai lokasi RTH.

Menurut dia,, Merdeka Walk itu sudah menjadi ikon Kota Medan di dunia pariwisata. Bahkan, sudah menjadi lokasi transaksi bisnis dan pasar kuliner modern yang cukup representatif.

Sehingga, perlu dikaji secara seksama dan mengedepankan tuntutan pembangunan Kota Medan sebagai kota metropolitan. “Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah dari sisi hukum, mengingat adanya kontrak kerja sama antara Pemko Medan dengan pihak ketiga,” ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta pertimbangkan nasib tenaga kerja yang terserap di Merdeka Walk. “Wacana membuka RTH di tengah kota Medan memang baik, tetapi bukan berarti harus memberangus begitu saja Merdeka Walk yang sudah menjadi ikon Kota Medan. Artinya, kebijakan itu jangan tumpang tindih karena ini akan menjadi preseden buruk,” tegas Irsal Fikri.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi menegaskan kepada beberapa media akan tetap mengubah wajah dari Lapangan Merdeka kembali menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dia juga tidak perduli mau siapapun yang menghalanginya untuk membersihkan tempat tersebut menjadi lahan terbuka hijau bagi masyarakat. Edy Rahmayadi mengaku tidak ada peraturan apapun yang dilanggar dalam rencana memindahkan tempat bisnis kuliner Merdeka Walk tersebut. (ha)

Komentar

News Feed