oleh

Kotak Suara Rusak, KPU :”Karena Terkena Rembesan Air Hujan”

-Berita-7 views

Harian Medan-Komisi Pemilihan Umum (KPU) membenarkan adanya kotak suara yang rusak lantaran terkena hujan. Kejadian itu terjadi di Cirebon, Jawa Barat.

Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan kotak suara rusak itu karenanya adanya aliran sungai meluap akibat hujan. Sehingga tempat penyimpanan kerendam air, yang mengakibatkan kotak suara rusak.

“Kotak suara di Cirebon itu memang rembesan dari air hujan sungai meluap. Jadi itu masuk kategori bencana,” ujar Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Saat ini Ilham mengaku sedang menunggu laporan dari KPU Daerah mengenai jumlah surat suara yang rusak tersebut. KPU berjanji surat suara rusak akan ia ganti dengan yang baru.

“Ya akan kita segera ganti. Sampai saat ini masih menunggu,” katanya.

KPU juga menyebut jumlah surat suara tidak mencapai ribuan seperti isu yang beredar saat ini. Namun hasil pastinya ia masih menunggu laporan dari KPUD. Sehingga nantinya bisa langsung diganti dengan yang baru.

“Menurut saya jumlah kotak suara rusak tidak begitu banyak dan terlalu signifikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Jawa Barat, Zaki Hilmi mengungkapkan jumlah kotak suara pemilu rusak di Cirebon mencapai 1.410 unit. Jumlah kotak suara rusak masih mungkin bertambah lantaran Bawaslu masih terus melakukan pengecekan di gudang penyimpanan.‎ (ps)

Komentar

News Feed