oleh

Kurir 100 Kg Ganja Asal Aceh ini dituntut Seumur Hidup

-Aceh-5 views

Harian Medan – Jaksa Penuntut Umum (JPU), Aisyah Setiawati menuntut Sahudin (28) dan Asnan Ruhdi (20), keduanya, warga Dusun Ketibung, Desa Bunin, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur hukuman seumur hidup penjara. Sebab, mereka dinilai terbukti hendak mengantarkan (kurir) ganja kering seberat 100 kilogram (kg) ke Medan.

“Menuntut, kedua terdakwa Sahudin dan Asnan Ruhdi agar dihukum masing-masing selama seumur hidup penjara. Menetapkan barang bukti 4 bal ganja kering dirampas untuk dimusnahkan,” ujar JPU di ruang Kartika Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (20/2).

JPU berpendapat, hal yang memberatkan, perbuatan kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana narkotika.

“Perbuatan kedua terdakwa terbukti melanggar Pasal 114 (2) jo Pasal 132 (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” kata Aisyah.

Usai mendengarkan tuntutan, majelis hakim diketuai Irwan Effendi memberikan kesempatan kepada kedua terdakwa dan penasihat hukumnya untuk membacakan pembelaan (pledoi) pada pekan depan.

“Sidang ditutup dan ditunda hingga Rabu tanggal 27 Februari 2019,” ujar hakim Irwan Effendi.

Kepada wartawan, JPU baru mengetahui rencana tuntutan turun dari Kejaksaan Agung (Kejagung) pagi tadi. Sehingga, dia hanya membacakan tuntutan kedua terdakwa saja sembari mempertimbangkan masa penahanan mereka yang sudah hendak berakhir.

“Arahan dari Kejagung, rentut (rencana tuntutan) baru diterima tadi pagi. Karena mempertimbangkan penahanan terdakwa, makanya kita hadirkan terdakwa. Saya pun nggak tau kalau rentut datang tadi pagi,” tutur Aisyah.

Dalam dakwaan JPU Aisyah Setiawati, pada Rabu tanggal 1 Agustus 2018 sekira jam 12.00 WIB, Adi (DPO) menyuruh kedua terdakwa untuk mengambil daun ganja sebanyak 4 karung plastik (masing-masing seberat 25 kilogram).

Adi juga meminta keduanya untuk mengantarkan barang haram itu ke Medan dengan upah per kilogram ganja Rp 250.000. Kedua terdakwa kemudian merental mobil Daihatsu Xenia warna putih nomor polisi BL 1359 D milik Hasan.

“Kedua terdakwa menuju Medan dengan mengendarai mobil rental tersebut sambil membawa 100 kilogram ganja dari rumah Adi. Adi sendiri berangkat duluan ke Medan dengan mengendarai sepeda motor Yamaha R15. Pada Kamis tanggal 2 Agustus 2018 sekira jam 23.00 WIB, kedua terdakwa singgah di warung makan, Binjai,” kata JPU.

Pada Jumat tanggal 3 Agustus 2018 jam 00.30 WIB, Adi menyuruh kedua terdakwa untuk datang ke Jalan Medan Binjai Km 12,8 Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di SPBU Sei Semayang karena pembeli sudah menunggu. Kedua terdakwa langsung bergegas menuju ke lokasi.

Sampainya di lokasi, kedua terdakwa bertemu dengan Adi dan dua pria. Keduanya memperlihatkan 4 karung ganja kepada kedua pria yang ternyata petugas Dit Res Narkoba Polda Sumut itu. Petugas langsung menangkap kedua terdakwa. Sedangkan Adi berhasil melarikan diri. (AFS). (ha)

Komentar

News Feed