oleh

Pesan Psikolog Terhadap Bahaya Pakai Gadget Pada Anak Usia Dini

Psikolog Kota Medan Irna Minauli menghimbau kepada orang tua untuk tidak memberikan gadget pada anak-anak mereka dari usia dini. Bahaya gadget bagi anak selain memberikan kecanduan anak tersebut, juga bisa membuat perkembangan mental anak menjadi terganggu.

” Saat ini segala sesuatu sudah serba instan, ini yang membuat para ibu sering menjadikan gadget untuk mendidik si anak,” ujarnya.

“Sumber dari Yayasan Kita dan Buah Hati serta American Psychiatry Association disebutkan, bahwa maksimal durasi anak bermain gadgetberdasarkan usia, adalah usia 0-2 tahun: 0 menit, usia 3-6 tahun: 10-20 menit, usia 7-10 tahun: 20-60 menit, usia 11-12 tahun: maksimal 2 jam. Bahkan, anak usia di bawah 2 tahun harusnya sama sekali tidak diperkenalkan dengan gadget,” jelas Irna kepada Kitakini.news, Kamis (17/1/2019).

Bahaya Gadget Bagi Anak Jika Gunakan Terlalu Lama

Jika melebihi waktu tersebut kata Irna, maka bersiaplah dengan berbagai masalah yang mungkin timbul seperti gangguan terlambat bicara (delayed speech).

Selain itu juga sebut Irna, bisa terkena rentang perhatian yang rendah sehingga mengarah pada ADHD (Attention-deficit hyperactivity disorder), anak yang selalu menunda pekerjaan (procrastinator) dan bahkan mengembangkan gangguan perilaku (conduct disorder) yang jika tidak ditangani dengan baik dapat mengarah pada psikopat (anti-social personality disorder) karena mereka tidak mampu mengembangkan empatinya.

“Oleh karenanya, penggunaan gadget khususnya pada anak-anak harus dikontrol oleh orangtua sebelum anak dikendalikan oleh gadgetnya,” kata Irna.

Berdasarkan penelitian dalam praktiknya kata Irna, diketahui bahwa anak atau seseorang yang menggunakan gadget lebih dari 3 jam per hari, maka sudah dikategorikan mengalami kecanduan gadget. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

Komentar

News Feed