oleh

Tekuk Jepang 3-1, Qatar Juarai Piala Asia 2019

-Sports-9 views

UEA (Harian Medan)-Ambisi Jepang untuk mendaulat tahta Piala Asia 2019 pupus sudah.  Dengan skor 3-1 di final Piala Asia tahun ini Qatar berhasil kalahkan negeri sushi itu. Digelar di Stadion Sheikh Zayed Sports City, Uni Emirat Arab, pada Jumat (1/2), Qatar sudah unggul dua gol pada babak pertama, satu gol dari Jepang datang pada babak kedua yang kemudian ditutup gol tambahan Qatar dari titik penalti.

Qatar masuk ke final dengan percaya diri, mereka menang selama enam pertandingan terakhir dan mencetak 16 gol tanpa pernah kebobolan. Sementara itu, Jepang, negara tersukses di Piala Asia dengan empat gelar juara, juga optimistis usai menumbangkan Iran 3-0.

Gol pertama Qatar pada menit ke-12 spektakuler, dihasilkan kaki kanan Almoez Ali yang mendapat umpan dari Akram Hassan Afif.

Tendangan Ali mengarah ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau kiper Jepang, Shuichi Gonda. Gol itu menjadi yang kesembilan dari Ali selama turnamen.

Gol kedua Qatar yang tidak kalah memukau terjadi pada menit ke-27 saat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti Abdelaziz Hatim mengarah ke tiang jauh yang lagi-lagi tidak bisa dijangkau Gonda.

Pada babak kedua Jepang terus menekan, namun skor tidak berubah sampai Takumi Minamino mencetak gol pada menit ke-69 dari umpan Yuya Osako.

Harapan Jepang mengejar ketertinggalan pupus setelah Akram Hassan Afif menambah gol dari titik penalti tujuh menit sebelum waktu pertandingan habis.

Gelar juara Piala Asia buat Qatar merupakan yang pertama, sebelumnya mereka tidak pernah sampai ke babak perempat final. Suka cita ini juga jadi modal semangat penting buat Qatar menghadapi perannya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. (cn)

Komentar

News Feed