oleh

8 Kg Sabu Asal Malaysia ini Gagal Diselundupkan

-Daerah-50 views

Harian Medan-Anggota Satres Narkoba Polres Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil menggagalkan pengiriman 8 Kg sabu asal Negeri Jiran Malaysia ke Kabupaten Sidenreng Rappang (sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penangkapan itu berawal dari informasi seorang kurir sabu yang lebih dulu tertangkap. Ia menyatakan bahwa akan ada 8 Kg sabu akan dikirim ke Sidrap. Lalu, anggota Satres narkoba Polres Nunukan melakukan pengembangan dengan berkoordinasi anggota Polres Sidrap.

Setidaknya ada tiga orang tersangka lainnya yang ikut dibekuk dalam pengungkapan, termasuk pemilik sabu tersebut.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro mengatakan, berawal dari informasi intelijen yang melakukan penyelidikan informasi masyarakat yang mengetahui akan dilakukannya penyelundupan sabu, tersangka berinisial NR pun dibekuk. NR ditangkap di Jalan Cik Ditiro, Nunukan Timur, sekira pukul 21.00 WITA, Kamis (7/3/2019) lalu.

“Jadi NR kami amankan karena kedapatan membawa sabu atau barang bukti dengan jumlah berat 8 kilogram. Sabu dibungkus plastik ukuran besar yang dilakban warna cokelat sebanyak 8 bungkus,” ungkap Teguh saat siaran pers di Mapolres Nunukan kemarin.

Setelah menangkap NR, personel langsung melakukan interogasi guna pengembangan. Hasil pemeriksaan, barang bukti ia dapatkan oleh tersangka berinisial AN yang tidak lain merupakan pemilik sabu tersebut.

NR mengambil barang tersebut dari AN saat sedang berada di Kalabakan, Tawau, Malaysia. AN sendiri, diakui NR sudah terlebih dahulu ke Sidrap, Sulsel, dan menunggu datangnya kurir yang membawa sabu tersebut nantinya.

Setelah mengantongi identitas tersebut, tepat pada Sabtu (9/3) personel Satreskoba lakukan pengembangan dengan cara control delivery hingga ke Sidrap, Sulsel. Memanfaatkan NR yang ditugaskan membawa sabu palsu dengan pengawasan ketat, NR pun bertemu AN. Personel pun langsung melakukan penangkapan AN.

“Selain AN, kami juga mengamankan dua tersangka lainnya yakni BA dan SP. SP berperan sebagai pemantau situasi di tempat dilakukannya transaksi sabu oleh NR, BA dan AN. Setelah menangkap mereka, semua langsung kami bawa ke Polres Nunukan,” tambah Teguh. (ps)

Komentar

News Feed