oleh

Dilarang Terbang, Boeing 737 Max 8 Tak Satu Pun Tampak di Kualanamu

-Medan-0 views

Harian Medan-Pihak Bandara Internasional Kualanamu memastikan tidak ada satu pun pesawat jenis Boeing 737 Max 8 yang beroperasi di sana.

“Tidak ada maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 di Kualanamu,” kata Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto, pada Jumat (15/3).

Pasca diputuskannya larangan terbang pesawat jenis Boeing 737 Max 8 oleh Menteri Perhubungan, Wisnu memastikan bahwa selama ini tidak ada maskapai penerbangan yang mendaratkan atau memarkirkan pesawat jenis tersebut di Bandara Kualanamu.

“Tidak ada karena Kualanamu bukan home best-nya,” tegas Wisnu.

Wisnu menjelaskan bahwa beberapa maskapai penerbangan yang ada di Bandara Kualanamu hanya menggunakan pesawat jenis Boeing 737 seri 800.

“Jadi di Kualanamu itu beberapa maskapai menggunakan 737 seri 800,” jelasnya

Menurut Wisnu, pesawat jenis Boeing 737 Max 8 hanya berada di Bandara Soekarno-Hatta. Karena di sana merupakan home best dari pesawat jenis tersebut.

“Jadi posisi pesawat semuanya ada di Soekarno Hatta karena di sana home best-nya dan tidak diterbangkan berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan,” tukasnya.

Untuk diketahui, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memutuskan larangan terbang terhadap pesawat jenis Boeing 737 Max 8 selama waktu yang belum ditentukan. Alasan Menhub tersebut terkait jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopia Airlines di sekitar Kota Addis Ababa.

Sebelumnya kecelakaan fatal juga terjadi pada Oktober 2018. Pesawat jenis Boeing 737 Max 8 milik Lion Air terjatuh di Laut Karawang yang menewaskan 189 orang. (ad)

Komentar

News Feed