oleh

Jelang Pemilu 2019, Forum Ormas Islam Aceh Tenggara Sepakat Hoax Musuh Bersama

-Aceh-78 views

KUTACANE, Aceh Tenggara: Tokoh agama bersama aktivis organisasi Islam di Aceh Tenggara ( Agara), Kamis (28/3/2019) menggelar forum diskusi dan silaturrahmi jelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 di Pendopo Gotak 10, Desa Lawe Sagu Kecamatan Lawe Bulan.

Ketua pelaksana ksgiatan silaturrahmi Forum Ormas Islam, ustad M.Hatta Bulkaini SKD dalam sambutannya mengatakan, tujuan diskusi ini, untuk terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat . Disebutkan, Aceh Tenggara aman dan kondusif menyambut pesta demokrasi pemilu legislatif dan pilpres 2019 .

Kapolres Agara AKBP Rahmat Har Deny melalui Kasat Bimas AKP Ali Umar dalam forum diskusi, mengatakan, Polres Agara sangat komit dalam menyukseskan pemilu 2019 dan tetap mewaspadai setiap potensi gangguan jelang pileg dan pilpres, apapun bentuknya. Diharapkan segenap komponen masyarakat untuk bersinergi menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing,”kata Ali Umar.

Terkait komitmen Polri, disebutkan, Polri akan tetap menjunjung tinggi sikap netralitas, jelang pemilu 2019. “Jadi jika ada isu yang beredar luas di jejaring media sosial bahwa Polri tak netral itu tidak benar,”pungkasnya..

Sekretaris PD Muhammadiyah Agara Masri Amin menegaskan, hoax atau berita bohong berpotensi mengancam serta merusak keindahan keberagamaan yang ada di Indonesia saat ini. ” Hoax yang masif dijagat dunia maya, jangan dipercaya begitu saja, kita harus tetap mengedepankan azas tabayun, ” katanya Masri Amin.

Sementara Doktor Rifwan, selaku penasehat BKPRMI ( Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid) Agara, senada dengan ketua STAISES Kutacane, Sufian Husni Salam, MAg menyatakan, aparat hukum agar menindak tegas penyebar hoax.

Disebutkan, semua informasi saat ini, dalam hitungan menit sudah beredar luas di masyarakat. Bahkan banyak informasi yang disebar itu bernilai “sampah”. Oleh karenanya, masyarakat harus bijak menyikapi mana informasi hoax dan mana yang akurat . “Maka harus diverifikasi dan dicerna dengan matang segala berita atau informasi yang ada,harus jeli memilah dan memilih berita, agar tidak menjadi korban hoax, ” ujar Ridwan.

H.Abbas , Lc, dari MPU Agara, menyebutkan, hasil pantuanya ditengah-tengah masyarakat Agara, terkait jelang pileg dan pilpres, diprediksi suasana kondusif tetap tercipta.

Pantauan jurnalis, diskusi Forum Silaturrahmi Ormas Islam ini, dihadiri tim dari Mabes Polri, AKBP Renaldy ,SIK dan Ipda Azwar Nur serta sejumlah perwira dari Polres Agara. Para tokoh agama dari Muhammadiyah, NU, BKPRMI, MPU , Alwasliyah,IKAD, DDII,NU, Aisiyah dan undangan lainnya. (Mahadi Pinem)

Ketua pelaksana diskusi Forum Silaturrahmi Umat Islam di Agara, Ustadz M Hatta Bulkaini, SKD, Kamis (28/3), saat menyampaikan sambutan.

Komentar

News Feed