oleh

Sejumlah Pasar Ikan di Pidie Terkendala Pembuangan Limbah

-Aceh-98 views

Harian Medan-Sejumlah pasar ikan di Kabupaten Pidie hingga kini masih dihadapkan permasalahan pembuangan limbah. Pembuangan limbah tersendat, sehingga menimbulkan bau busuk yang berdampak pencemaran lingkungan.

Pembuangan limbah di pusat pasar ikan dan pasar daging ayam potong di Pante Teungoh Kota Sigli, misalnya, hingga sekarang belum teratasi oleh dinas terkait. Bahkan pasar itu sempat ditinjau oleh Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud ST.

Sejumlah pedagang ikan di pusat pasar ikan Pante Teungoh Kota Sigli kepada andalas, Jumat pagi menyebutkan, mereka selepas berjualan ikan tetap menyiram dan membersihkan tempat dagangannya. “Selepas itu, sudah tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup dan Disperindagkop,” sebut Bustami, pedagang ikan.

Hal senada dikatakan pedagang ayam potong. “Kami tetap membersihkan tempat usaha kami, seterusnya kan ada petugas pasar dan Dinas Kebersihan,” sebut para pedagang ayam potong serentak. Para pedagang di Pasar Pante Teungoh Kota Sigli menyebutkan, jika Wakil Bupati Pidie sudah pernah meninjau pasar tersebut, tapi kelanjutan kebersihan pasar tidak jelas. Padahal dinas terkait sudah berjanji di depan Wakil Bupati soal kebersihan pasar.

Sementara itu, di Pasar Ikan Kecamatan Sakti, pedagang memprotes kontraktor yang membangun pasar ikan, karena limbahnya tidak tahu harus dibuang kemana. Proyek DAK senilai Rp 1,5 miliar tahun anggaran 2018 ini merupakan tanggungjawab Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Pidie.

Sebelumnya, pusat psar ikan dan ayam potong serta pasar lainnya di Kecamatan Gronggrong, termasuk paling jorok. Namun, Camat Bakhri SSos dibantu pihak Muspika setempat berhasil mengatasi kejorokan tersebut.

Camat Bakhri dinilai warganya cukup berhasil menertibkan pedagang yang tidak bisa menjaga kebersihan. Selain itu, bangunan liar tidak berizin dan bangunan usaha tumpang tindih sudah diperintahkan dibongkar.

“Kami sudah menertibkan seluruh bangunan liar di Pusat Pasar Kota Gronggrong, sesuai dengan surat Pak Bupati Pidie,” sebut Camat Bakhri saat ditanyai andalas, Jumat petang di Sigli selepas memantau perkembangan stafnya mendirikan bangunan stan kecamatan di lokasi Apam Fair. (ha)

Komentar

News Feed