oleh

Tanah Penahan Beton Tebing Sungai ini Longsor, Warga Kandibata Kabanjahe Harap Waspada

-Daerah-22 views

Harian Medan-Tanah penahan beton di sekitar jembatan Desa Kandibata, Kecamatan Kabanjahe longsor sedalam 30 meter dan panjang berkisar 5 meter dan tembok yang baru dibangun terancam ikut longsor.

Jalan nasional jurusan Kabanjahe-Aceh Tenggara tersebut, setiap hari relatif padat dilintasi, perlu segera ditangani pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan.

Warga pengguna jalan yang melintas harus berhati-hati, karena badan jalan bisa ikut amblas.

“Ya, kejadiannya udah ada sepekan, setelah hujan. Tanah penahan tembok tebing sungai ini longsor,” ujar Lingga salah seorang warga setempat.

Dikatakannya, penyebab amblasnya akibat tanah penahan tebing sungai tidak kuat menahan air hujan yang terus mengguyur beberapa hari terakhir.

Warga berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaiki tembok yang ambruk tersebut. “Kalau tidak cepat diperbaiki, bisa-bisa jalan pun ikut kena longsor ke jurang tersebut,” katanya.

Pantauan SIB, Jumat (22/3) ruas jalan di wilayah Desa Sarinembah tepatnya di perladangan jati panjang sekira 1 Km rusak, berlobang dan bergelombang. Demikian juga di Dusun Pametar terdapat dua titik badan jalan longsor dan di Dusun Lau Lisang, Kecamatan Tiga Binanga yang pernah mengalami longsor beberapa waktu yang lalu juga membutuhkan pergantian dari BBPJN. (si)

Komentar

News Feed