Home Headline Gawat!! PBB di Medan Naik 300%

Gawat!! PBB di Medan Naik 300%

by Redaksi

Harian Medan – Pajak Bumi Bangunan (PBB) di tahun 2019 mendadak naik tanpa adanya sosialisasi dari pemerintah. Sontak saja, masyarakat akhirnya mengeluh dan merasa dirugikan. Bagaimana tidak, kenaikan PBB di tahun ini sangat signifikan, yakni hingga 300%.

Sebagaimana yang dirasakan oleh Ruri, warga Kecamatan Medan Marelan yang terpaksa harus membayar pajak PBB hampir 3 kali lipat dari biasanya.

“Biasanya tagihan PBB tiap tahun hanya Rp188 ribu. Tapi, tahun ini tiba-tiba naik jadi Rp500 ribu,” ujarnya kepada wartawan, di Medan, pada Rabu (26/06/2019).

Senasib, Erni yang juga warga Medan Marelan, juga mengeluhkan hal yang sama. Malahan, Erni yang biasanya membayar tagihan PBB kediamannya sekitar Rp500 ribu pertahun, namun setelah ada kenaikan di tahun ini, dia terpaksa membayar hingga Rp 2 juta, yakni mencapai 3 kali lipat dari biasanya.

Pihaknya tentu sangat menyayangkan, Pemko Medan tidak ada melakukan sosialisasi terkait kenaikan PBB tersebut kepada masyarakat. Terlebih lagi, kenaikan pajak ini dilakukan disaat masyarakat sedang mengalami ekonomi yang sulit.

“Sekarang harga – harga semua serba mahal, Pemko Medan bukannya membuat kebijakan yang bisa meringankan beban masyarakat, ini malah menaikkan tarif PBB,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Bagi Hasil Pajak (BHP) Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Medan, Zakaria, membenarkan adanya kenaikan tarif PBB di tahun 2019.

“Benar, tapi tidak semua wilayah mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Menurutnya, kenaikan tarif PBB ini menyesuaikan harga pasar dan nilai ekonomis di wilayah tersebut.

“Kenaikan PBB dilihat dari potensi wilayah, nilai ekonomis dan harga pasar di wilayah tersebut,” ujarnya.

Namun sayang, saat ditanyai di wilayah mana saja kenaikan PBB ini diberlakukan, Zakaria enggan menyebutkan, dengan alasan harus melihat database dulu.

Zakaria juga menjelaskan, mengacu kepada UU No. 28 Tahun 2009, pihaknya menyebut kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dimungkinkan terjadi setiap 2 tahun sekali. Dimana kenaikan NJOP tersebut juga turut mempengaruhi besaran tagihan PBB yang akan dibayarkan.

“NJOP sendiri setiap tahunnya ditetapkan melalui peraturan walikota untuk seluruh jalan yang ada di Medan,” urainya. (FI)

Baca Berita Lainnya