oleh

Kesedihan, Penantian dan “Kegilaan Swafoto” Warga

Hari ini Minggu 23 Juni 2019 merupakan hari ketiga pasca terbakarnya pabrik korek api gas (mancis) di Desa Sambirejo, Langkat, Sumatera Utara.

Peristiwa kelam yang terjadi pada Jumat, 21 Juni 2019 sontak mengejutkan warga seantero nusantara.

Kesedihan dari anggota keluarga korban yang sedang menanti proses identifikasi juga menjadi kesedihan warga lainnya di sekitar lokasi ledakan tersebut.

Bagaimana tidak, rata-rata korban merupakan warga yang saling mengenal satu dengan yang lainnya di dekat lokasi terbakarnya pabrik dengan korban jiwa sebanyak 30 orang itu.

Bahkan lima korban diantaranya merupakan anak-anak yang ikut menemani ibunya bekerja di pabrik korek api.

Tenda terpasang di halaman rumah mereka, foto korban semasa hidup adalah bukti penantian dan kecintaan anggota keluarga untuk menantikan dan mendoakan jenazah.

Liang lahat di tempat pemakaman muslim tak jauh dari lokasi kejadian telah digali berdekatan sebanyak 17 liang kubur.

Liang lahat yang telah disediakan untuk jenazah korban ledakan pabrik mancis

Sedangkan liang lahat lainnya berada di perkuburan lain di kabupaten itu.

Namun lagi-lagi rasa empati kita telah musnah tatkala melihat manusia-manusia yang dianugerahkan akal oleh sang pencipta tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Lihat saja dua orang wanita bergaya seakan berada di lokasi “wisata” berswafoto dengan latar belakang bangunan lokasi kebakaran tersebut.

Mungkin kita menahan nafas sejenak tatkala melihat kejadian itu, namun itu lah faktanya masih banyak manusia dengan “kegilaan swafoto”. Apakah mereka tidak memikirkan perasaan keluarga korban?

Suasana Otopsi Keluarga Korban Terbakarnya Pabrik Mancis

Pertanyaan yang tak usah dijawab, yang menjadi tanggung jawab kita adalah menyadarkan orang terdekat agar tidak melakukan hal yang sama.

Terkhusus bagi korban kebakaran, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa menempatkan mereka di tempat yang terbaik dan amal ibadah diterima disisi Nya.

Dan semoga peristiwa serupa tidak akan terulang lagi di belahan bumi manapun.

Amiiin..

Foto dan teks: Irsan Mulyadi (Pewarta Foto Antara)

Komentar

News Feed