Home Berita Nasional Ingin Sukses, tapi Merasa Kurang Percaya Diri

Ingin Sukses, tapi Merasa Kurang Percaya Diri

by Redaksi

Harian Medan (Medan) – Jika ditanya apakah diri kita ingin menjadi orang sukses dalam hidup ini tentu semua menginginkan kesuksesan bukan? Tak ada orang yang tidak menginginkan kesuksesan baik itu kesuksesan di dunia maupun di akhirat kelak.

Sebagai makhluk sosial, kita tentu membutuhkan orang-orang di sekitar kita untuk menunjang dan mendorong kesuksesan tersebut. Untuk menjadi orang sukses, sangan penting dan perlu membangun kepercayaan-kepercayaan di sekitar lingkungan kita. Baik teman, sahabat, rekan kerja, bahkan yang tidak kalah penting adalah keluarga.

Namun hal pertama yang harus dilakukan adalah menghargai diri atau membangun kepercayaan pada diri sendiri terlebih dahulu. Menghargai di sini adalah percaya dengan kekuatan dan cita-cita diri sendiri.

Percayalah dengan diri anda karena ini adalah awal agar orang lain percaya dan menghargai usaha anda. Jika tidak percaya dengan diri sendiri, bagaimana orang lain akan mempercayai apa yang kita lakukan. Orang gagal seringkali bukan karena ia tak mampu melakukan hal-hal hebat dalam hidupnya, hanya saja karena ia sering menyalahkan diri sendiri dan tidak bersedia memberdayakan kelemahannya.

Untuk mencapai keberhasilan, tentulah harus dimulai dari langkah kecil. Langkah kecil ini salah satu yang paling penting adalah dimulai dari diri sendiri. Seorang harus membuka dirinya meskipun dengan segala kelemahan dan kekurangan. Terima kekurangan anda sebagai jalan menuju keberhasilan.

Karena setiap kekurangan yang ada pada anda belum tentu tak ada pada diri orang lain. Demikian juga kelebihan orang lain bisa juga ada pada diri anda. Masalahnya adalah mampukah menjadikan kelebihan dan kekurangan itu sebagai jalan keberhasilan.

Hargai dan cintai apa yang ada pada diri anda dan jadikan itu sebagai kekuatan anda mencapai cita-cita terbesar anda dalam kehidupan anda. Singkirkan penyalahan diri dan bangunlah sikap syukur atas segala sesuatu yang ada dan yang pernah anda alami.

Fokuslah pada pada kebaikan dan kebaikan yang ada pada diri anda. Berhenti menyalahkan, mengasihani diri, atau mengurung diri karena hal itu menghambat keberhasilan anda. Segera bertindak, jangan biarkan kekhawatiran menguasai diri anda.

Percayalah dengan kekuatan anda, maka Allah akan ubah keadaan anda dan orang lain pun akan percaya dengan anda. Karena Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sebelum ia merubah keadaan dirinya sendiri. Wallahu’alam.

Sumber: islampos
Oleh: Eka Shalihah

Baca Berita Lainnya