Home Headline Monyet “Nakal” Jadi Penyebab Listrik Padam

Monyet “Nakal” Jadi Penyebab Listrik Padam

by Redaksi

Harian Medan (Medan) – Beberapa pekan terakhir, listrik padam terjadi di wilayah Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).Ternyata salah satu penyebab listrik padam adalah karena monyet.

Menurut PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, hewan jenis primata tersebut kerap bergelantungan di kabel jaringan listrik. Alhasil, monyet yang tersetrum di jaringan listrik mengakibatkan listirk padam.

“Kalau monyet naik ke jaringan listrik yang ada di atas, monyet bisa mati menempel di jaringan. Itulah yang membuat listrik padam,” terang Novan, pegawai PLN UIW Sumut, Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, akhir-akhir ini sering listrik padam di wilayah Belawan karena akibat monyet-monyet “nakal” itu naik ke jaringan listrik tegangan menengah.

“Sebenarnya ada banyak faktor, salah satunya kerena dipanjat monyet. Ada juga karena layangan yang tersangkut di jaringan,” pungkas Novan.

Dia menjelaskan, petugas PLN akan segera melakukan perbaikan jika menemukan kasus listrik padam akibat monyet yang tersengat di jaringan listrik. Untuk estimasi pengerjaan hingga listrik menyala kembali tergantung jarak lokasi kejadian. (PelayanaPublik.id)

Baca Berita Lainnya