Home Medan Peluang Koalisi PDIP-GERINDRA di Pilkada Medan 2020

Peluang Koalisi PDIP-GERINDRA di Pilkada Medan 2020

by Redaksi

Harian Medan (Medan) –  Pertemuan Megawati – Prabowo dinilai punya efek domino dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang. Besar kemungkinan koalisi PDI-P dan Gerindra terjadi di Pilkada Medan.

Hal itu dikatakan pengamat politik dari Universitas Medan Area (UMA), Ara Auza, S.Sos, M.I.Kom, Rabu (24/7). Ara mengatakan, jika dilihat dari catatan perjalanan Pilkada serentak Pemilu 2018, tercatan ada 48 pertarungan Pilkada yang diusung koalisi PDI-P dan Gerindra. Diantaranya pada pertarungan 5 Gubernur, 37 Bupati dan 6 Walikota.

Menurut Ara, hasil pertemuan Megawati – Prabowo tersebut akan semakin menguatkan potensi koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra di Pilkada 2020. “Di tahun 2018 saja saat Gerindra berada di posisi oposisi yang gencar mengkritik pemerintah, namun ternyata tercatat ada 48 pertarungan Pilkada yang diisi oleh koalisi PDI-P – Gerindra. Artinya, jika melihat situasi saat ini, maka diprediksi akan semakin banyak pertarungan Pilkada yang diisi koalisi PDI-P dan Gerindra,” tegasnya.

Terkait Pilkada Medan, ara menilai bahwa tidak menutup kemungkinan peluang PDI-P dan Gerindra untuk berkoalisi. Ara menilai, meskipun begitu, PDI-P dan Gerindra harus berhati hati dalam memasangkan Pasangan Calon (Paslon) di Pilkada Medan, mengingat kuatnya gesekan arus bawah pada Pemilihan Presiden (Pilpres) kemarin.

Menurutnya, saat ini nama Bobby Nasution menantu Presiden menguat di permukaan sebagai salah satu kandidat Walikota Medan. Menurutnya, munculnya nama Bobi Nasution merupakan hal yang positif, mengingat Bobi sendiri cukup dikenal masyarakat Medan. Namun menurutnya, jika nanti Gerindra berkoalisi ke PDIP, maka dibutuhkan sosok yang bisa diterima berbagai kalangan masyarakat untuk bisa menguatkan Bobi Nasution.

“Politisi Gerindra yang bisa diterima banyak kalangan dan merangkul kelompok muda adalah sosok Sugiat Santoso. Artinya, jika Bobi Nasution dipasangkan dengan Sugiat Santoso di Pilkada Medan, maka bisa dipastikan koalisi PDI-P – Gerindra jadi pemenang Pilkada Medan 2020 mendatang,” tegasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya