oleh

Medan Bisa Diambang Ketertinggal Karena Infrastruktur Minim

-Headline, Medan-72 views

Harian Medan (Medan) –  Kota Medan dikhawatirkan akan jauh tertinggal dibandingkan daerah lain di Sumatera Utara. Bahkan, pergerakan ekonomi di Sumut diprediksi tidak lagi berpusat di Kota Medan, melainkan akan bergeser ke kota – kota lain yang jauh lebih berkembang di Sumut.

Hal ini diutarakan oleh anggota DPRD Medan, Ilhamsyah saat mengamati gencarnya pembangunan infrastruktur yang justru lebih masif dilakukan didaerah lain, seperti Bandara Kualanamu di Kabupaten Deliserdang, dan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, yang kelak akan menggantikan posisi Pelabuhan Belawan kedepan, serta pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sei Mangke.

Ilhamsyah melihat, beralihnya bandara dan pelabuhan di daerah lain, dikhawatirkan akan menggeser posisi Kota Medan sebagai pusat ekonomi di Sumut. Apalagi diperparah oleh kondisi Kota Medan yang kini semakin banyak dirudung masalah, seperti banjir, macet, masalah sampah, serta tingginya kriminalitas.

“Kalau sudah tidak ada bandara, pelabuhan, bagaimana Kota Medan dimasa yang akan datang, pasti sudah tidak jadi pusat ekonomi seperti saat ini,” katanya di Medan, Selasa (20/08/2019).

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, pusat ekonomi di Sumut akan berpindah ke wilayah Batubara dan Asahan. Kemungkinan hal itu akan terwujud dalam 10 – 15 tahun kedepan

“Kalau penduduk di sana sudah padat, tentu aktivitas sosial akan meningkat. Bukan tidak mungkin hotel, mall dan pusat hiburan akan dibangun di sana,” ungkapnya.

Selain itu, arus pergerakan wisatawan juga akan berkurang di Kota Medan, apalagi Bandara utama di Sumut kini berada di Kualanamu, Deliserdang. Ditambah lagi adanya Bandara – Bandara lain dan jalan tol yang mengarahkan wisatawan langsung ke Danau Toba.

“Dari bandara tinggal masuk tol, kedepan akan ada tol yang menghubungkan langsung ke Danau Toba. Medan juga bukan kota pariwisata, tidak ada alam yang bisa ditonjolkan,” ungkapnya.

Baca Juga  Bentrok Buton : 87 Rumah Dibakar, 2 Tewas, Polisi Berlakukan Siaga I

Selain itu, keberadaan tol yang kini sudah menghubungkan Kota Binjai ke Bandara Kualanamu diakuinya juga akan menurunkan aktifitas ekonomi di Medan.

“Ketika orang datang dari Aceh, Langkat dan Binjai hendak ke bandara cukup melalui jalan tol. Tanpa harus melintas di Kota Medan.  Begitu juga sebaliknya, dari Bandara kalau mau ke arah Binjai, Langkat atau mau ke arah Aceh cukup masuk tol,” tukasnya.

Ilham juga menambahkan, kelak Kota Medan kedepannya akan terus tertinggal dengan daerah lain jika kondisi ini terus dibiarkan. Politisi Golkar ini berharap, kedepannya muncul calon Walikota Medan yang memiliki visi yang jelas untuk membenahi serta meningkatkan potensi – potensi yang ada di Kota Medan.

Jangan sampai, akibat pembiaran dan kelalaian pemimpinnya, kedepan Kota Medan akan menjadi kota yang tertinggal, apalagi Medan merupakan ibukota provinsi Sumut.

“Di Medan banyak rumah sakit, ada RS Adamalik, RSUD Pringadi dan banyak rumah sakit swasta. Itu harus dibenahi, kalau tidak Medan tidak akan tertinggal dibandingkan daerah lain, kalau tujuannya Medan ingin jadi kota kesehatan,” ucapnya.  (FI)

Komentar

News Feed