oleh

Sambut Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Pemprov Sumut Berbagi dengan Masyarakat Kurang Mampu

Harian Medan (Langkat) – Cikepen Br Purba terkejut, rumahnya di Dusun I, Nangka Lima, Kelurahan Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat didatangi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Kabupaten Langkat Tiorita Terbit Rencana dan rombongan, Rabu (7/8).

Cikepen beserta suaminya yang mulai memasuki masa lansia dan hidup di rumah sederhana berdindingkan anyaman bambu (tepas) dan hidup dari hasil kerja serabutan, juga mengaku terharu dan bersyukur, menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pemerintah Kabupaten Langkat.

“Puji Tuhan, terima kasih Ibu Gubernur atas bantuan yang kami terima ini. Semoga Ibu dan rombongan senatiasa sehat selalu dan dilimpahkan rezeki oleh Tuhan,” ungkap Cikepen haru berurai air mata usai menerima bantuan yang diserahkan langsung Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Sumut.

Cikepen Br Purba adalah penerima pertama bantuan Pemprov Sumut dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Rencananya Pemprov Sumut memberikan bantuan paket bahan pokok kepada masyarakat yang kurang mampu di sejumlah daerah.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, dan Ketua TP PKK Kabupaten Langkat Tiorita Terbit Rencana menyerahkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat kurang mampu, Rabu (7/8).

Di Dusun III, Raja Tengah Hilir, Kecamatan Kuala, dua keluarga lainnya yang juga dikunjungi Ketua TP PKK Sumut yakni rumah Ukur Malam Br Ginting dan Mahmud. Serupa dengan Cikepen, kedua keluarga ini juga hidup di rumah sederhana dengan penghasilan dari kerja serabutan. Sembari menyerahkan bantuan, Nawal dan Sri Ayu juga berbincang dan mendengarkan keluh kesah keluarga tersebut.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi di akhir kunjungannya mengaku iba dengan kondisi masyarakat yang dikunjunginya. “Tidak banyak, tetapi semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menerima. Dan semoga ke depan, semakin banyak masyarakat yang bisa kita bantu,” ucap Nawal.

Lebih lanjut, Nawal menjelaskan bahwa aksi berbagi bantuan paket bahan pokok ini merupakan salah satu rangkaian menyambut HUT ke-74 RI. Dengan harapan, memberi euforia merdeka di tengah-tengah masyarakat yang paling membutuhkan.

Kepala Dinas Provinsi Sumut Rajali menyampaikan, ada 250 paket bahan pokok yang akan dibagikan kepada keluarga kurang mampu di Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdangbedagai, dan Kota Medan pada tanggal 7-8 Agustus 2019. Sebagai tambahan, paket bantuan juga diberikan kepada penderita TBC dan HIV berupa dana pengembangan usaha.

“Hari ini kita ke Langkat, Binjai, dan Medan. Besok akan kita lanjutkan ke Deliserdang dan Serdang Bedagai. Sejauh ini, banyak saran yang kami terima dari Ibu Nawal. Termasuk untuk berkoordinasi dengan dinas terkait, untuk upaya bedah atau perbaikan rumah-rumah beberapa masyarakat penerima yang dianggap masih kurang layak huni,” jelas Rajali.

Usai dari Langkat, rombongan Pemprov Sumut melanjutkan kunjungan dan penyerahan bantuan ke Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. Kemudian, di akhiri dengan kunjungan ke Yayasan Medan Plus bertemu dan memberi bantuan pada Orang Hidup dengan HIV/AIDS (OHIDHA) dan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Turut hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut, jajaran ASN Dinas Sosial Pemprov Sumut, OPD dan ASN Dinas Sosial Kabupaten yang dikunjungi, dan rombongan PKK Sumut.

Komentar

News Feed