oleh

Sah! Mulai 1 Januari 2020, Cukai Rokok Naik Hingga 23 Persen

Harian Medan (Jakarta) – Wacana kenaikan harga rokok akhirnya benar-benar akan direalisasikan oleh pemerintah, yakni melalui kenaikan cukai rokok. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pemerintah telah menyepakati kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen dan harga jual eceran sebesar 35 persen. Keputusan ini tentu saja sudah disampaikan langsung ke Presiden Jokowi. Rencananya, keputusan ini akan mulai diterapkan pada 1 Januari 2020 mendatang.

Usulan untuk menaikkan cukai rokok ini sebelumnya sudah dibahas bersama dan mendapat pandangan dari Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menaker Hanif Dhakiri, hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Kita semua akhirnya memutuskan untuk kenaikan cukai rokok ditetapkan sebesar 23%, dan kenaikan harga jual eceran menjadi 35%,” ujar Sri Mulyani di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (13/09/2019).

Sri Mulyani menjelaskan, penerapan kenaikan cukai rokok ini nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan.

“Kenaikan rata-rata secara total 23% untuk tarif cukainya dan 35 persen dari harga jual akan kami tuangkan dalam PMK, yang akan kita berlakukan sesuai dengan keputusan bapak presiden 1 Januari 2020,” ungkapnya.

Jelang penerapan aturan baru ini, pemerintah tentunya akan melakukan persiapan yang dibutuhkan, diantaranya yaitu penyiapan pita cukai baru dan proses sosialisasi kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait.

“Dengan demikian kita akan memulai persiapan, sehingga nanti pemesanan pita cukai baru akan bisa dilakukan dalam masa transisi,” tutupnya. (red)

Komentar

News Feed