oleh

Miris! Baru Sehari Dilantik, 335 Anggota DPR RI Tak Hadir Sidang Paripurna

Harian Medan (Jakarta) – Hampir setengah anggota DPR dan DPD RI tidak menghadiri sidang paripurna MPR RI, pada Rabu (02/09/2019). Sebanyak 335 dari 711 anggota DPR dan DPD RI disebut tidak hadir berdasarkan absensi yang dibacakan saat sidang dibuka. Itu artinya, hanya 376 anggota DPR dan DPD RI yang menghadiri rapat paripurna.

Padahal, semua wakil rakyat yang dipilih saat Pemilu 2019 ini baru saja dilantik dan disumpah dibawah kitab suci pada Selasa (1/10/2019) kemarin. Bahkan, salah satu pimpinan sidang sementara MPR, Sabam Sirait, yang seharusnya memimpin jalannya sidang, juga absen. Akhirnya, sidang pun dilaksanakan oleh satu pimpinan saja, yakni Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

Kejadian ini tentu saja sempat membuat sidang berjalan cukup alot, karena harus memperdebatkan keabsahan sidang yang hanya dihadiri separuh dari anggota dewan. Akhirnya sidang diskors sementara untuk melakukan rapat koordinasi antar fraksi.

Sebagaimana diketahui, sidang paripurna saat itu adalah untuk memilih pimpinan MPR RI. Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, dan DPD yang baru direvisi, pimpinan MPR berjumlah 10 orang, yang terdiri dari perwakilan 9 fraksi dan satu unsur DPD.

Itu artinya, setiap fraksi nantinya akan memperoleh jatah kursi pimpinan. Setiap fraksi nantinya akan menyerahkan nama anggotanya yang akan diusulkan menjadi pimpinan MPR RI. Dari nama-nama itu, salah satunya akan dipilih menjadi Ketua MPR RI.

Komentar

News Feed