Home Komunitas FBS Unimed Gelar EXPO

FBS Unimed Gelar EXPO

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN): Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan dalam menggali kreativitas mahasiswanya, sejak Selasa hingga Rabu (19-20/11) menggelar FBS EXPO.

Kegiatan yang digelar di lingkungan kampus FBS itu berlangsung meriah hingga disesaki para pengunjung yang bukan hanya datang dari mahasiswa se kawasan Unimed namun juga warga yang kebetulan melintasi kawasan kampus Jalan Willem Iskandar.

Pembukaan FBS EXPO diawali dengan pawai ratusan dosen dan mahasiswa dengan memakai macam busana adat. FBS EXPO dibuka Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Selasa (19/11).

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., sangat mengapresiasi kegiatan ini “Saya senang dengan berbagai karya perkuliahan yang luar biasa. Tentu tema yg diusung sangat tepat, karena dimulai dari sambutan dekan lama dan dekan baru, serta serah terima jabatan dekan yang luar biasa inovatif. Ini membuktikan terjadinya harmonisasi antara dekan lama dan baru. Saya terharu saat melihat pisah sambut dekan lama dan dekan baru saya harap dapat merintis apa yang telah dikerjakan dekan lama,” harapnya.

Menurut Rektor, kegiatan itu akan dapat mendukung data akreditasi Institusi dan Prodi. Rektor Unimed juga berharap EXPO itu akan menggugah fakultas lainnya melakukan kegiatan yang sama sehingga inovasi mahasiswa akan terus berkembang. ” Kita semua pasti bisa dan mampu membawa kampus kita ini menjadi terbaik di negeri ini, serta terus diminati masyarakat luas,” demikian Rektor Dr Syamsul Gultom.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor I Dr. Restu, MS. Wakil Rektor III Prof. Sahat Siagian, M.Pd., Wakli Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FBS Dr. Abdurrahman Adisaputera, M.Hum. beserta para Dekan, Direktur PPs dan Kepala Lembaga yang ada di lingkungan Unimed.

Acara itu menampilkan berbagai hasil karya kreasi mahasiswa yang dipamerkan di stand-stand yang berjejer sepanjang arena pameran FBS Expo 2019 dengan tema “Kreasi dalam Harmonisasi”.

Di dalam stand para peserta menampilkan berbagai produk berkualitas hasil perkuliahan mahasiswa selama satu semester. Model pengajaran dalam perkuliahan di Unimed menggunakan 6 model penugasan bersifat sebuah project. Hasil dari project tersebut yang ditampilkan pada kegiatan FBS Expo.

FBS EXPO kali ini selain ditampilkan karya-karya kreasi perkuliahan dosen dan mahasiswa dan permainan flying fox.Undangan juga disuguhi penampilan Kabaret yang diperankan langsung oleh fungsionaris dan dosen FBS. Tak pelak pertunjukan itu membuat hiburan segar bagi para pengunjung. Selain itu juga ditampilkan tarian adat dari tim kebersihan FBS.

Dr. Isda Pramuniati, M.Hum. Dekan FBS periode 2015-2019 dalam sambutannya menyampaikan, FBS EXPO tahun ini merupakan langkah awal terbaik tahun 2020. “Kita harus menyahuti tantangan Revolusi Industri 4.0. dan terus mendekatkan lulusan kita dengan dunia industri. Semoga tahun depan produk pembelajaran dapat dilakukan lintas prodi tidak hanya satu prodi,” terang Dr Isda.

Dekan FBS Dr. Abdurrahman Adisaputera, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan “tema yang diangkat kreasi dalam harmonisasi ini mengangkat peran semua civitas di FBS, karena FBS ini adalah milik kita, Unimed ini milik bersama semua unsur di FBS dan Unimed. Oleh karena itu, kita harus terlibat aktif dalam memajukan kampus kita FBS dan membawa Unimed menjadi kampus dambaan masyarakat,” tekadnya.

Pada kesempatan itu Dekan FBS menyampaikan karya mahasiswa yang berada di stand – stand juga akan diberikan penilaian. Penilaian karya produk mahasiswa ini dilakukan oleh Rektor, Wakil Rektor, dan Dekan. Aspek yang menjadi objek penilaian menitikberatkan pada orisinalitas ide dan inovasi. (Red)

Baca Berita Lainnya