Home Berita Nasional FIK UNIMED Gelar Seminar Internasional

FIK UNIMED Gelar Seminar Internasional

by Redaksi

HARIAN MEDAN (Medan) – Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan menggelar The 1st Unimed Conference of Sport Science (UnICoSS).

Seminar internasional yang dilaksanakan di Hotel Grand Mercure pada Kamis, 28 November 2019 ini mengambil tema “sport science in disruptive era : challenges and opportunities”.

Seminar internasional yang diikuti 360 peserta ini menghadirkan Keynote speakers Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., (Universitas Negeri Medan), dan Narasumber : Dr. Syed Kamaruzaman Bin Syed Ali (Universiti of Malaya), Assoc. Prof. KOH Koon Teck (Nanyang Technology University) dan Prof. Rungchai Chaunchalyaka (Mahidol Unibersity).

Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM.,M.Kes. ketika membuka acara menyampaikan di era 4.0 ini guru olahraga dituntut untuk bisa menghadapi tantangan yang muncul di era sekarang.

.”Isu utama dalam pelajaran olahraga di era revolusi industri 4.0 adalah internet of thing dan artificial intelegence. Karena itu saya berharap melalui kegiatan seminar internasional ini akan dapat melahirkan ide/gagasan yang lebih kreatif dan inovatif dalam bidang olahraga dan pembelajarannya, sehingga olahraga di era 4.0 dapat semakin maju. Ke depannya diharapkan pelajaran olahraga dapat digabungkan dengan informasi teknologi yang terus berubah” ungkap Rektor.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, selaku keynote speaker menyampaikan ide kreatif agar pembelajaran olahraga di era disrupsi 4.0 ini segera di konsep secara arif dan kreatif. Guru menjadi yang terdepan dalam menggapai perubahan.

” Maukah guru olahraga menyesuaikan dengan perkembangan saat ini, atau hanya mengikuti tradisi yang sudah ada. Jika saudara sebagai guru olahraga tidak dengan cepat menyesuaikan dan mengikuti apa yang sedang melingkupi proses pendidikan saat ini, maka guru olahraga akan tertinggal dari guru bidang studi yang lain, karena guru bidang sains, bahasa, teknik dan lainnya sekarang sedang lari cepat untuk mencapai finish yakni tujuan proses pendidikan.

Saat bincang-bincang tadi dengan Doktor-doktor dosen muda FIK, sudah ada konsep yang bangus dalam menyahuti tantangan 4.0. Saya mengajak kita semua, mari kita mulai dari sekarang dan segera berlari agar pembelajaran olahraga di sekolah segera menyesuaikan diri dengan teknologi,” terangnya.

Dr. Imran Akmal, M.Pd. selaku Ketua Panitia saat sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan dukungan sehingga seminar internasional UnICoSS yang pertama ini dapat terlaksana dengan baik. Kita bersama pimpinan FIK akan rancang agar seminar internasional ini aktif kita gelar setiap tahunnya. Semoga kegiatan ini akan mendapatkan berbagai konsep untuk merumuskan tawaran bentuk pembelajaran olahraga yang kreatif, inovatif, dan handal selaras dengan kemajuan teknologi.

Seminar ini turut dihadiri Wakil Rektor I Dr. Restu, MS., Wakil Rektor II Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., jajaran dekan, Direktur PPs, Ketua LPPMP, Ketua LPPM, dosen, guru, praktisi olahraga dan ratusan mahasiswa.(Red/)

Baca Berita Lainnya