Home Medan Gawat! Belasan Bangkai Babi Juga Ditemukan di Sungai Babura Medan

Gawat! Belasan Bangkai Babi Juga Ditemukan di Sungai Babura Medan

by Redaksi

Harian Medan (Medan) – Setelah ratusan ekor bangkai babi ditemukan di aliran Sungai Bederah Medan, baru-baru ini belasan ekor bangkai babi juga ditemukan di aliran Sungai Babura Medan, pada Jumat (08/11/2019). Menurut keterangan warga yang berada di sekitar Sungai Babura, tepatnya di Jalan Karya Utama, Polonia, sedikitnya terdapat 15 ekor bangkai babi yang ditemukan.

“Dari Kamis (07/11/2019) sore semalam babi-babi itu nyangkut di pinggir sungai ini. Tadi pagi ini, ada tiga ekor bangkai babi di sini,” ujar salah seorang warga setempat, Siti Ramlah via Antara, pada Jumat (08/11/2019).

Siti mengatakan bahwa penemuan belasan bangkai babi tersebut sangat meresahkan warga sekitar. Pasalnya, selain menyebabkan bau busuk yang menyengat, bangkai babi ini juga telah mencemari air sungai sehingga dikhawatitkan akan menyebabkan munculnya bibit-bibit penyakit.

“Udah salah ini, kenapalah dibuang ke sungai, kan pencemaran sungai jadinya. Maunya kalau mati ya, dibakar. Baunya itu kami enggak tahan,” keluhnya.

Persoalan ditemukannya bangkai babi di beberapa sungai di Kota Medan ini menyusul maraknya wabah virus hog cholera atau kolera babi yang kini menghantui beberapa wilayah di Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara, tercatat ada 11 kabupaten/kota yang terkena wabah kolera babi, yaitu Dairi, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Medan, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Samosir.

Dari jumlah 11 kabupaten/kota tersebut, ada sebanyak 4.682 ekor babi yang dilaporkan mati akibat wabah virus ini. Hingga saat ini, Pemprov Sumut bersama pemerintah daerah terus berupaya keras untuk mengatasi masalah penyebaran wabah kolera babi tersebut.

Baca Berita Lainnya