Home Peristiwa Ketua DPRDSU: Anggota DPRD Sumut Harus Bisa Tingkatkan Kompetensi

Ketua DPRDSU: Anggota DPRD Sumut Harus Bisa Tingkatkan Kompetensi

by Redaksi

BUKITTINGGI (Harian Medan) – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta agar anggota DPRD Sumatera Utara yang mengikuti Orientasi bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Hasil Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Auditorium PPSDM Kemendagri Regional Bukit Tinggi di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, Selasa (19/11) diharapkan dapat meningkatkan kompetesinya.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, anggota dewan harus benar-benar memiliki kompetensi dan kemampuan baik dalam bidang legislasi maupun kemampuan dalam menyerap aspirasi masyarakat yang kemudian dielaborasi untuk kemudian diperjuangkan dalam bentuk program. Inilah yang kemudian nantinya akan disinergikan dengan program-program Pemprovsu.

Kegiatan itu dibuka Drs H Sukriadi Sawai, MSi, Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukit Tinggi.

Dalam sambutannya Sukriadi Sawai antara lain menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan orientasi kali ini adalah membekali peserta terkait pengenalan tugas dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan daerah. Selain itu, juga untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan integritas para anggota dewan.

Kegiatan Orientasi ini dilaksanakan sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.14 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bahwa Orientasi dilakukan 1 (satu) kali pada awal masa jabatan. Hal ini berarti Orientasi memiliki makna penting dan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh anggota DPRD sebelum memulai tugas sebagai wakil rakyat.

Menurutnya, dalam menjalankan tugas anggota DPRD harus berfikir rasional dalam memutuskan sesuatu berdasarkan landasan hukum dan aturan yang berlaku. Pengambilan keputusan rasional adalah keputusan yang berdasarkan informasi yang objektif dan proses logis. Hal ini tentunya sangat diperlukan dalam pelaksanaan peran dan fungsi DPRD sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 96 menyebut 3 (tiga) fungsi DPRD, yakni ; fungsi pembentukan peraturan daerah (perda), fungsi penyusunan anggaran dan fungsi pengawasan.

Selain itu,anggota dewan dalam melaksanakan tugasnya membutuhkan kompetensi yang cukup untuk merumuskan, membahas dan menyetujui kebijakan publik bersama gubernur. Kebijakan publik dimaksud umumnya adalah dalam bentuk peraturan daerah. Melihat begitu penting dan sentralnya peran dan fungsi DPRD kata Sukriadi, maka dibutuhkan figur atau profil anggota dewan dengan kompetensi yang prima, dengan memiliki pengetahuan (knowledge) yang luas, keterampilan (skill) yang handal serta sikap (attitude) yang baik. Bahwa orientasi ini selain bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas Pemerintahan Daerah, secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Anggota DPRD sesuai dengan kebutuhan fraksi , juga untuk menciptakan Anggota DPRD yang mampu berperan sebagai Unsur Pemerintahan Daerah, Pembaharu dan Perekat Persatuan dan Kesatuan.

“Meningkatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Kadang-kadang ada perubahan kita harus mengikuti aturan yang ada didalam setiap kebijakan-kebijakan dijalankan. Dilain pihak para anggota DPRD mewakili daripada rakyat yang diberikan amanah tapi harus sejalan juga dengan Gubernur dalam melaksanakan pembangunan,” ungkapnya.

Rencananya kegiatan orientasi ini akan diisi oleh narasumber pengampu materi yang berasal dari BPK, BPIP, pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Kemendagri, akademisi dan pakar/ahli di bidangnya.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Ketua DPRDSU kepada Franc Bernhard, dan Erniyanti Sitorus dari Partai Golkar. Kegiatan ini dihadiri 97 anggota DPRDSU, serta akan berlangsung dari 19- 21 Nopember 2019.(mzz)

Baca Berita Lainnya