Home Medan KNPPSI Ke-3 FIB USU: Pembelajaran dan Publikasi Bahasa harus Inovatif

KNPPSI Ke-3 FIB USU: Pembelajaran dan Publikasi Bahasa harus Inovatif

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) – Program Studi Linguistik FIB Universitas Sumatera Utara menggelar Konferensi Nasional Pascasarjana Program Studi Linguistik (KNPPSI) Ke-3 di Aula Sekolah Pascasarjana USU, Sabtu (30/11/ 2019).

KNPPSI kali ini angkat tema : “Isu dan Aplikasi dalam Linguistik, Sastra dan Budaya”.
Pembicara kunci dari Universitas Bengkulu Prof. Safnil Arsyad, MA.,Ph.D, dengan materi “Rhetorical Analysis of Academic Genre in English for Specific Purposes Contexts; Methodology Issues”, dan Dr. Eddy Setia, M.Ed.,TESP. (dosen FIB USU) dengan materi “Metalinguistik dalam Pembelajaran Bahasa”.
Konferensi Nasional yang dibuka oleh Wakil Dekan I FIB Prof. Mauly Purba, MA.,Ph.D, ini dihadiri ratusan dosen dari berbagai perguruan tinggi, mahasiswa S2/S3 dan praktisi bahasa dari berbagai daerah, bahkan ada mahasiswa asing yang ikut hadir.
Turut hadir Ketua Prodi Linguistik USU Dr. Eddy Setia, M.Ed.,TESP, Sekretaris S3 Prodi Linguistik Dr. Mulyadi, M.Hum, Sekretaris S2 Prodi Linguistik Dr. Thyrhaya Zein, MA, yang juga selaku Ketua Panitia.

Prof. Mauly Purba, dalam pembukaan menyampaikan, FIB USU sangat mengapresiasi kegiatan KNPPSI Ke-3 ini yang sangat luar biasa karena terlihat ratusan peserta hadir ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. “Konferensi Nasional yang mengangkat Isu dan Aplikasi dalam Linguistik, Sastra dan Budaya ini harus kita manfaatkan bersama untuk menambah pengetahuan dan skill kita dalam mengembangkan kemampuan berbahasa. Kami pimpinan FIB merasa salut dan bangga, karena Prodi Linguistik ini sangat aktif melakukan kegiatan ilmiah, berbeda dengan Prodi-prodi lainnya.
Kami berharap Prodi ini akan terus bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi pengajar dan praktisi bahasa di Sumetara Utara, karena kehadiran Prodi kita ini harus berorientasi pada kebermanfaatan bagi masyarakat luas. Melalui konferensi ini kami berharap kegiatan ini akan mendorong pembelajaran bahasa labih inovatif dan publikasi kajian bahasa akan terus meningkat,” terangnya.
Dr. Thyrhaya Zein, selaku Ketua Panitia berharap KNPPSI KE-3 ini akan memberi sumbangsih bagi para dosen, guru, mahasiswa dan praktisi bahasa dalam mengembangkan diri dan skill untuk menguasai konsep yang mutakhir dalam kajian bahasa.
“Kita mengangkat Isu dan aplikasi linguistik, sastra dan budaya ini dengan tujuan memberikan wadah bagi siapa saja yang menggeluti ketiga bidang ini untuk berkontribusi dalam konferensi ini. Kami berharap KNPPSI Ke-3 ini akan memberikan manfaat baik bagi kita yang hadir selaku pemakalah dan peserta dalam mengembangkan dan meningkatkan pemahaman kajian bahasa, sastra dan budaya. Kami panitia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dan supportnya sehingga konferensi ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” katanya. (Red/.)

Baca Berita Lainnya