Home DaerahTanjung Balai Penadah Dan Perantara Pencurian Dihukum 54 Bulan Penjara

Penadah Dan Perantara Pencurian Dihukum 54 Bulan Penjara

by Redaksi

HARIAN MEDAN (TANJUNGBALAI) – Tiga terdakwa penadah dan perantara barang curian diganjar Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungbalai diketuai Salomo Ginting dengan hukuman penjara selama 54 bulan, Kamis (27/11).

Ketiga terdakwa, M Sirat alias Sirat, Riyan alias Edi, dan Agus Salim, masing-masing divonis 1 tahun dan 6 bulan penjara. Terdakwa Sirat merupakan penadah, sedangan Riyan dan Agus Salim sebagai perantara barang curian yang sebelumnya dicuri oleh Noval (DPO).

Pencurian itu bermula saat Noval (belum tertangkap) mendatangi terdakwa Agus Salim dan bertanya apakah ada orang yang ingin membeli proyektor bakas curian dari SD Negeri 134409 Kota Tanjungbalai. Agus Salim lalu mengajak Noval menemui Riyan Alias Edi. Agus lalu bertanya kepada Riyan apakah ada yang ingin membeli proyektor.

Riyan bersama Agus dan Noval lalu pergi pergi ke cafe milik Titi Marbun di Jalan Jati Kota Tanjungbalai dan berhasil menjual proyektor warna hitam merk Acer seharga Rp.800 ribu. Selanjutnya Agus pergi membawa satu unit proyektor merk Optoma dan menawarkannya kepada orang lain namun tidak ada yang mau membelinya.

Terdakwa Riyan membawa proyektor itu bersama Noval ke Pasar Banjar dengan mengendarai becak motor penumpang merk Suzuki Shogun BK 4057 QL warna hitam dan bertemu dengan M Sirat. Sirat pun bersedia membeli barang curian itu seharga satu juta rupiah.

Tak berapa lama, Tim Sus Gurita Polres Tanjungbalai menangkap ketiga terdakwa, sedangkan Noval masih dalam pencarian. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum, Ari Ade Bram Manalu menuntut ketiga terdakwa masing-masing 2 tahun penjara. (Red/.)

Baca Berita Lainnya