Home Komunitas Prodi KS FISIP UMSU Gelar Kuliah Umum Bersama Alumni

Prodi KS FISIP UMSU Gelar Kuliah Umum Bersama Alumni

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Dalam Rangka penguatan  kompetensi akademik mahasiswa, Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UMSU menggelar kuliah umum yang bertema: “Upaya Perubahan Perilaku KPM PKH dengan Pelaksanaan P2K2.” Ketua Prodi KS FISIP UMSU, Mujahiddin S.Sos MSP, Rabu (18/12) mengatakan kegiatan kuliah umum ini diisi oleh alumni Prodi KS yang saat ini bertugas menjadi tenaga pendamping pada Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Langkat.

“Kita sangaja mengundang alumni yang telah menjadi praktisi pekerjaan sosial atau pendamping masyarakat untuk memberikan materi kuliah umum. Karena dengan melibatkan alumni pada kuliah umum ini, mahasiswa bisa melihat profil dan kualitas alumni yang dihasilkan prodi. Selain itu, mahasiswa juga bisa melihat salah satu profil pekerjaan yang akan mereka geluti setelah tamat dari perkuliahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mujahiddin mengatakan, kehadiran alumni dalam kegiatan kuliah umum juga menjadi bagian dari upaya untuk menjaga hubungan antara prodi dan alumni dalam aspek pengembangan mutu pendidikan.
“Salah satu komponen penilaian dalam akreditasi prodi itu adalah keterlibatan alumni pada pengembagan program studi. Konstribusi alumni baik dalam bidang akademik dan non akademik sangat dibutuh oleh prodi. Jadi kegiatan ini merupakan bagian dari konstribusi tersebut,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya kuliah umum bersama alumni ini, mahasiswa dan alumni bisa sharing and hearing terkait pengimplementasian antara teori dan praktik di lapangan. Selama ini mahasiswa banyak mendapatkan teori di kelas-kelas, jadi di sini mereka bisa berbagi ilmu dan pengalaman di lapangan dari alumni mereka.

Sementara itu, Riko Triadi S.Sos, yang menjadi narasumber kegiatan ini mengatakan sangat senang bisa diundang oleh Prodi KS FISIP UMSU untuk memberikan materi pada kuliah umum. Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini, mahasiswa jadi memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang praktik profesi atau pekerjaan yang akan mereka lakukan setelah tamat kuliah nantinya.

“Dalam kuliah umum tadi saya memberikan penjelasan tentang proses perubahan perilaku pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Jadi di sini saya bisa mensosialisasikan dan menjelaskan apa itu program PKH dan bagaimana teknis pelaksanaannya serta bagaimana peran tenaga pendaping dalam melakukan proses dan upaya perubahan perilaku KPM PKH. Mahasiswa banyak yang tertarik dan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi. Sehingga kita bisa saling berbagai pengetahuan dan pengalaman,” ungkapnya. (*)

Baca Berita Lainnya