Home Berita Nasional RS USU Terima Sertifikat Paripurna

RS USU Terima Sertifikat Paripurna

by Redaksi

 

HARIAN MEDAN (MEDAN): Akreditasi Paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit yang meliputi ketersediaan SDM, sarana prasarana serta proses pelayanan yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan
Hal itu disampaikan Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit Dr. dr. Sutoto, M.Kes saat menyerahkan sertifikat akreditasi Tingkat Paripurna yang berlaku sampai dengan tanggal 28 Oktober 2022 kepada RS Universitas Sumatera Utara, Senin (09/12/2019) di Sekretariat KARS Jakarta. Sertifikat diterima langsung Direktur Utama RS USU Direktur Utama RS USU Dr dr Syah Mirsya Warli, SpU (K) didampingi Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama yang juga menjadi Ketua Tim Akreditasi RS USU dr Sake Juli Martina, SpFK serta Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan dr Riyadh Ikhsan,SpKK.

Dalam kesempatan itu dr Sutoto mengingatkan manajemen RS USU untuk terus berinovasi dalam mengembangkan RS itu sehingga benar-benar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Dalam kesempatan terpisah dr Sake Juli Martina, SpFK yang berperan sebagai ketua tim akreditasi menyebutkan bahwa ini adalah kedua kalinya RS.USU meraih sertifikat Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Pertama tahun 2016 RS.USU telah meraih predikat Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit yang masa berlakunya dari 30 Desember 2016 hingga 31 Desember 2019. Lalu tahun 2019 ini yang masa berlakunya hingga 28 Oktober 2022. Hal ini tentu berkat kerjasama sekaligus kerja cerdas dari seluruh civitas hospitalia RS.USU dan juga peran dan komitmen pemilik dalam hal ini Rektor, Dewan Pengawas dan seluruh jajarannya. dr. Sake merasa sangat bersyukur mendapat kepercayaan memimpin tim akreditasi baik pada tahun 2016 maupun tahun 2019 semoga sertifikat paripurna ini menjadi motivator bagi RS.USU untuk lebih baik lagi terutama dalam meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga keselamatan pasien.

Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara berhasil meraih kelulusan akreditasi paripurna. Hasil itu didapatkan melalui surat pemberitahuan hasil akreditasi yang dikirimkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit yang ditandatangani Ketua Eksekutif KARS Dr dr Sutoto, M Kes, tertanggal 25 November 2019 yang ditujukan kepada Direktur Utama. Sebelumnya telah dilaksanaan survey akreditasi di RS USU pada tanggal 29 Oktober 2019 hingga 01 November 2019.
Sebelumnya, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara telah menggelar pembukaan kegiatan Survei Akreditasi yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), bertempat di Aula Rumah Sakit USU Medan, Selasa (29/10/2019). Survei berlangsung dari tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2019. Turut memberikan sambutan dalam acara itu Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), dan Dirut RS USU Dr dr Syah Mirsya Warli, Sp.U (K).

Kegiatan dihadiri juga oleh Ketua Majelis Wali Amanat USU Drs Panusunan Pasaribu, MM, Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati Tanjung, MS, Wakil Rektor V USU Ir Luhut Sihombing, MP, jajaran Direksi Rumah Sakit USU, Ketua Dewan Guru Besar USU Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH dan segenap civitas hospitalia RS USU. Sementara surveyor dari KARS yang hadir dalam sesi perkenalan terdiri atas dr Sudarwati, M Kes, dr TB Firmansyah B Rifai, Sp A, MARS, dr Hj Irwani Muthalib Sp KJ dan Gandauli Panggabean, SKM, MARS.
Setelah pembukaan, acara diawali dengan peresentasi Direktur RS USU yang mencakup profil RS USU, PMKP dan indikator sismadak serta integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan RS, yang diikuti dengan tanya jawab. Dilanjutkan kemudian dengan telaah regulasi dan dokumen. Pada hari kedua dilaksanakan klarifikasi dan masukan bagi Direktur RS USU dan wawancara tentang tata kelola RS. Juga hubungannya dengan peningkatan mutu dan budaya keselamatan serta etika profesi, etika penelitian subyek manusia, ditutup dengan sesi wawancara. Baru pada hari terakhir akan dilaksanakan penyelarasan skoring laporan dan penyusunan laporan dan upload laporan.
Rumah Sakit USU adalah entitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Dikti yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Universitas Sumatera Utara. Merupakan salah satu dari 20 RS Perguruan Tinggi Negeri dengan status yang sama dan akan dikembangkan di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Dikti. Berlokasi di Jalan Dr Mansyur, kawasan Kampus USU Medan, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara berdiri tahun 2011 yang dimulai dari peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Rektor USU saat itu Prof dr Chairuddin P Lubis dan Gubernur Sumatera Utara saat itu H Syamsul Arifin, SE, pada tahun 2009. (Red)

Baca Berita Lainnya