Home Komunitas Lantik 15 Cabang FAHMI UMMI, Hj Yulidar Canangkan Program Kerja Perdana

Lantik 15 Cabang FAHMI UMMI, Hj Yulidar Canangkan Program Kerja Perdana

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Ketua Pimpinan Wilayah Forum Silaturrahmi Ummi Muslimah Indonesia (FAHMI UMMI) Medan, Hj Yulidar Bugis, SE, mencanangkan kegiatan penjualan ikan sebagai pendukung utama gerakan makan ikan dan pemotongan ayam syariah yang menjadi agenda kerja pertama organisasi baru yang dipimpinnya. Kegiatan tersebut akan dimulai segera dari Kecamatan Medan Labuhan dan dikembangkan secara serentak pada beberapa kecamatan lainnya yang memiliki potensi strategis yang sama.

Dengan adanya agenda tersebut, Yulidar berharap agar organisasi FAHMI UMMI Kota Medan yang dipimpinnya tidak hanya berhenti pada seremonial pelantikan saja tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Ditegaskannya, penguatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu program kerja yang akan diusung dengan serius oleh seluruh pengurus dan anggota FAHMI UMMI Kota Medan.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan seusai melantik 15 Pengurus Cabang FAHMI UMMI selingkung Kota Medan, Sabtu (7/2/2020), bertempat di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara Medan. Turut hadir dalam kesempatan itu anggota DPR RI HR Muhammad Syafi’i, SH, M Hum, yang tak lain juga sebagai inisiator berdirinya FAHMI UMMI, Gubsu yang diwakili Karo Kesejahteraan Sosial Drs M Yusuf, MM, MBA, Plt Wali Kota Medan yang diwakili Kabag Keagamaan Pemko Medan H Adlan, S Pd, MM, Wakil Ketua DPRD Medan H Ikhwan Ritonga, SE, MM, Ketua PP FAHMI UMMI Ir Mislaini Suci Rahayu, M Ec Dev, serta sejumlah pimpinan organisasi perempuan di Kota Medan.

Lebih lanjut Yulidar Bugis mengapresiasi sambutan baik yang diberikan oleh kaum ibu dari kecamatan yang ada di Kota Medan, sehingga pembentukan kepengurusan cabang dapat berlangsung dengan cepat, yakni dalam tempo dua minggu saja. Sementara pembentukan FAHMI UMMI Kota Medan juga masih sangat belia, yakni satu bulan yang dimulai dari pelantikan pengurus pada Januari 2020 lalu.

“Kami juga akan segera melantik kecamatan lain yang masih tersisa dari 21 kecamatan yang ada di Kota Medan dalam waktu dekat. Untuk itu, saya berharap agar seluruh pengurus yang telah dilantik dapat segera menyusun agenda kerja untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada, melaksanakan berbagai kegiatan, serta menyebarluaskan virus-virus kebaikan,” katanya.

Seraya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik dalam kesempatan itu, Yulidar juga mengingatkan, agar kerjasama yang terbentuk dapat terus dipelihara dengan baik dengan menumbuhkan sikap saling menghargai.

Sementara itu, Gubsu yang diwakili Karo Kesejahteraan Sosial Drs M Yusuf, MM, MBA, menyatakan dukungannya terhadap keberadaan FAHMI UMMI dan berharap agar organisasi ini tak hanya berhenti sampai pelantikan saja. Melainkan harus memiliki kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Untuk itu, menurutnya yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat sekretariat atau kantor yang menjadi tempat berkumpul para anggota.

Plt Wali Kota Medan yang diwakili Kabag Keagamaan Pemko Medan H Adlan, S Pd, MM, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan harapannya agar FAHMI UMMI dapat bergerak bersama-sama dengan Pemerintah dalam membangun dan mewujudkan Kota Medan yang lebih baik dan indah.

Anggota DPR RI HR Muhammad Syafi’i, SH, M Hum, selaku pendiri organisasi tersebut memberikan semangat dan dukungannya. Ia menilai kekuatan kaum ibu adalah kekuatan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Dalam kesempatan itu ia memberikan bantuan awal operasional bagi tiap kepengurusan cabang Kota Medan yang baru dilantik, yakni uang sebesar satu juta rupiah. Ia menyerahkan alokasi dana itu sepenuhnya kepada pengurus.

“Saya meyakini modal awal yang sangat kecil ini akan bisa dimanfaatkan dan dikembangkan oleh setiap pengurus cabang, mengingat besarnya potensi yang ada pada masing-masing kecamatan,” imbuhnya.
Ketua PP FAHMI UMMI Ir Mislaini Suci Rahayu, M Ec Dev, menegaskan bahwa kekuatan emak-emak sangat besar dan tidak dapat ditandingi. Ia memberikan applaus kepada PW Kota Medan yang telah sukses membentuk 15 pengurus cabang. Hal itu juga akan diikuti oleh Kabupaten Sergai dan Deli Serdang.

“Pengurus pusat juga akan berjuang. Akan ada beberapa PD yang dibentuk yakni Sumbar, Riau, DKI Jakarta dan Jabar. FAHMI UMMI juga akan menggelar Expo Ramadan bagi 3.000 dhuafa, menanam ribuan pohon bekerjasama dengan Pemko, serta banyak program lain dalam bidang ekonomi dan sosial yang akan dijalankan,” katanya.

Pelantikan dihadiri oleh tak kurang dari 550 pengurus dan anggota FAHMI UMMI 15 kecamatan. Terdiri dari Medan Marelan, Medan Selayang, Medan Barat, Medan Denai, Medan Area, Medan Polonia, Medan Helvetia, Medan Timur, Medan Perjuangan, Medan Labuhan, Medan Sunggal, Medan Tembung, Medan Petisah, Medan Amplas dan Medan Deli. (Red/)

Baca Berita Lainnya