Home Komunitas PW IPEMI Sumut Launching Taman Pembibitan Bunga, Sayur dan Buah

PW IPEMI Sumut Launching Taman Pembibitan Bunga, Sayur dan Buah

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : PW Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut me-launching usaha pembibitan bunga, buah dan sayur, yang berlokasi di Kebun Bunga Taman IPEMI Sumut, tepat di belakang Masjid PTPN II Kayu Besar Tanjung Morawa, Jum’at (21/02/2020). Acara yang mengambil tema “IPEMI Sumut Buka Lapangan Pekerjaan Bagi Masyarakat” itu ditandai dengan penanaman bibit tanaman oleh Ketua IPEMI Sumut Hj Yulidar Bugis, SE.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, IPEMI Sumut juga menggelar Pelayanan Posyandu Balita, Pemberian Vitamin A Gratis kepada kelompok bayi dan balita usia 6 bulan hingga 5 tahun, serta Penyuluhan Kesehatan oleh tim Puskesmas dan Bidan Desa setempat.

Melalui peresmian Kebun Bunga, Buah dan Sayur Taman IPEMI Sumut tersebut, Hj Yulidar berharap, dapat memberikan harapan baru bagi anggota masyarakat yang ingin berkiprah dalam bidang pertanian, dengan nilai ekonomis yang mampu mendukung perekonomian keluarga dan masyarakat secara luas. Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi IPEMI dalam menguatkan pondasi perekonomian umat, melalui program-program yang menyentuh langsung pada aspek kebutuhan primer.

“Usaha pembibitan ini juga bertujuan sebagai salah satu alternatif lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar, sehingga mampu memberdayakan diri dan keluarganya,” kata Hj Yulidar.

Yulidar menambahkan, dua kegiatan yang digelar pada hari itu merupakan salah satu wujud kepedulian IPEMI Sumut kepada masyarakat, yang difokuskan dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Khususnya bagi anak-anak dan warga masyarakat di sekitar lokasi Taman IPEMI Sumut. Mengambil perhatian dalam bidang pembibitan bunga, buah dan sayur juga merupakan tanggungjawab dan kepedulian organisasi yang beranggotakan pada pengusaha UKM muslimah tersebut terhadap lingkungan. Di mana beberapa tanaman yang dikembangkan di kebun tersebut di antaranya berupa tanaman yang memiliki fungsi treatment, detox dan pengobatan tradisional terhadap berbagai jenis penyakit. Bahkan banyak dari tanaman tersebut adalah bahan-bahan racikan sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam Islam.

Menurut Yulidar, di tengah arus modernisasi yang kerap bersandar terhadap teknologi dan budaya yang tak ramah lingkungan, maka keberadaan pembibitan bunga, buah dan sayur ini menjadi salah satu sarana yang diharapkan mampu mengembalikan keseimbangan alam. Hal itu sejalan dengan prinsip sustainability atau menjaga keseimbangan ekologi.
Kegiatan yang dihadiri oleh para pengurus dan anggota IPEMI Sumut itu juga dimanfaatkan sebagai ajang mengeratkan jalinan silaturahim internal organisasi, serta sharing informasi terkini seputar pengelolaan dan pengembangan usaha. (Red/)

Baca Berita Lainnya