Home Olahraga Wagubsu Berharap Prestasi Sumut Meningkat Di Papua 2020

Wagubsu Berharap Prestasi Sumut Meningkat Di Papua 2020

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN): Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah berharap pencapaian prestasi Kontingen Sumut meningkat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

“Kita berharap di PON 2020 nanti, prestasi Sumut meningkat. Kalau di PON 2016 berada di peringkat sembilan, harapan kita bisa naik minimal satu tingkat lah di PON 2020,” harap Wagubsu yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Harapan demikian disampaikannya ketika membuka secara resmi Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut di Emerald Garden Internasional Hotel Medan, Jumat (28/02/2020) sore.

Rapat Anggota KONI Sumut itu diikuti 90 utusan Pengprov Olahraga, 66 perwakilan KONI Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara dan 8 pengurus Badan Fungsional Anggota KONI Sumut.

Turut mendampingi Wagubsu di antaranya
Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Panpel H Sakiruddin, beserta Wakil Ketua I Prof Dr Agung Sunarno, Sekretaris Umum Drs Chairul Azmi, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian dan Ketua Asprov PSSI Kodrat Shah.

Wagubsu mengharapkan rapat dapat menyatukan tekad bersama sekaligus menyusun program kerja untuk satu tahun ke depan, terutama demi mendukung sukses prestasi di PON 2020 Papua.

“Mudah-mudahan nanti dengan semangat kebersamaan dan semangat meraih prestasi, prestasi olahraga kita bisa meningkat,” kata mantan Ketua Pengprov IMI Sumut tersebut.

Ijeck juga meminta rapat membahas program pembinaan atlet usia dini yang akan menjadi andalan di PON 2024, saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah bersama.

“Atlet-atlet Sumut tidak hanya atlet yang saat ini. Kami berharap regenerasi atlet harus disiapkan dari sekarang. PON 2024 masih ada waktu empat tahun lagi, pembinaan atlet usia dini sudah bisa dilakukan mulai sekarang,” tegasnya.

“Jadi pada saat kita tuan rumah PON nanti, sudah bisa ikut bertanding di semua cabor. Sebagai tuan rumah, Sumut harus bisa minimal di peringkat empat besar,” tambah Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sumut itu.

Sebelum sambutan Wagubsu tersebut, para peserta rapat disajikan tontotan video rencana pembangunan Sport Center seluas 300 hektare di Desa Sena, Deliserdang.

“Gubernur (Edy Rahyamadi) terus berkomitmen mendorong agar terwujudnya olahraga Sumut bermartabat di tingkat nasional bahkan internasional. Salah satunya dengan pembangunan Sport Center seluas 300 hektar sekaligus sebagai persiapan tuan rumah PON 2024,” ucap Ijeck.

“Perlu anggaran sangat besar untuk membanung Sport Center sebagus itu. Yang jelas pembangunannya nanti multi years dan diharapkan ada bantuan APBN, karena ini juga menjadi program strategi nasional,” katanya menambahkan.

Persiapan PON 2020

Sebelumnya Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, rapat anggota kali ini selain membahas laporan pertanggungjawaban program kerja selama 2019 juga akan membahas persiapan menuju PON 2020.

“Awalnya PON 2020 akan mempertandingkan 50 cabor, namun akhirnya ditetapkan 37 cabor saja. Total dari 37 cabor itu, kita lolos 26 cabor hingga Desember 2019,” jelas John Lubis.

“Februari ini kita dapat kuota lolos lagi dari judo dan anggar. Jadi total Sumut meloloskan 28 cabor dengan 184 atlet dan sudah menjalankan Pelatda sejak 1 Februari lalu,” tambahnya.

Menurutnya, Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah) dilaksanakan setelah KONI Sumut melakukan tes fisik, tes kesehatan dan tes psikologi kepada calon atletnya.

“Mesti tinggal delapan bulan lagi, sampai saat ini belum ada kepastian tempat tinggal atlet di Papua. Sejumlah venue juga masih dalam tahap pembangunan, begitu pun kita tetap fokus pada program Pelatda PON Sumut,” pungkas John Lubis. (Red/.)

Baca Berita Lainnya