Home Medan Pawai Budaya Rakerwil I APEKSI Batal karena Corona

Pawai Budaya Rakerwil I APEKSI Batal karena Corona

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota  Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Medan Khairul Syahnan menghadiri Welcome Dinner di Balarung Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Pariaman, Selasa (17/3). Acara ini digelar sebagai ungkapan apresiasi dan rasa  terima kasih atas kedatangan para wali kota yang akan mengikuti Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Welcome dinner merupakan kegiatan rutin yang digelar jelang pembukaan Rakerwil I APEKSI. Selain makan malam bersama, welcome dinner juga diisi dengan pertunjukan kesenian tradisionil. Dalam welcome dinner yang berlangsung meriah dan penuh kekompakan serta rasa kekeluargaan  ini, Wali Kota Pariaman menyerahkan cindera mata kepada wali kota maupun yang mewakili dari 23 kota di Sumatera. Rakerwil I APEKSi  akan berlangsung selama tiga hari, mulai 17-19 Maret.

Tari Persembahan dan pembacaan doa mengawali welcome dinner. Wali Kota Pariaman dalam ucapan selamat datangnya, mengucapkan terima kasih kepada para wali kota yang telah meluangkan waktu untuk  datang mengikuti Rakerwil I APEKSi di tengah musibah virus corona yang kini telah menjadi bencana nasional tersebut. “Atas nama pribadi dan  jajaran Pemko Pariaman serta seluruh masyarakat, kami mengucapkan terima kasih atas kedatangannya,” kata Genius.

Bagi Kota Pariaman kata Genius, kedatangan para Wali Kota yang berasal dari 23 kota yang masuk wilayah I seperti Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau merupakan momentum penting. Sebab, baru pertama kali ini Kota Pariaman dikunjungi Wali Kota yang tergabung dalam Wilayah I. Genius berharap kedatangan ini semakin memotivasi mereka untuk membangun  Kota Pariaman.

Genius menilai, seluruh Wali Kota yang hadir sangat kompak dan saling sharing memberikan masukan guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat masing-masing kota. “Sesuai  dengan tujuan berorganisasi dalam APEKSi, kita ingin melakukan sharing tentang apa yang telah kita kerjakan maupun belum dikerjakan, termasuk capaian terbaik yang telah dilakukan sehingga dapat dijadikan contoh dan perbandingan,” jelasnya.

Dikatakan Genius, pelaksanaan Rakerwil I APEKSI sempat dibayang-bayangi  kemungkinan dilakukannya pembatalan menyusul musibah virus corona. Sebab, Ketua APEKSI  Airin Rachmi Diany telah menelpon terkait dengan keluarnya surat edaran dari Presiden terkait larangan untuk berkumpul. Namun setelah dijelaskan bahwa persiapan yang telah dilakukan Pemko Pariaman telah hampir rampung 100 persen.

“Banyak yang telah kita lakukan untuk persiapan Rakerwil I APEKSI, kalau sampai dibatalkan bagaimana nantinya akan mempertanggungjawabkan laporan keuangannya. Untuk itu besok Korwil I APEKSi langsung dilakukan rapat antar Wali Kota. Sedangkan acara yang melibatkan banyak orang seperti pawai budaya dibatalkan,” ungkapnya.

Usai welcome dinner, Asisten Ekbang Setdako Medan  Khairul Syahnan berharap Rakerwil I APEKSi menghasilkan keputusan yang bermanfaat dalam upaya memajukan seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI. Dikatakannya,  seluruh Wali Kota yang hadir akan menyampaikan tentang permasalahan yang dialami masing-masing kota. ‘Dari rapat ini nantinya akan dihasikan  rekomendasi untuk dibawa dalam Rakernas APEKS yang akan digelar di Kota Tanggerang Selatan tahun ini juga,” jelas Syahnan.

Selanjutnya Syahnan didampingi Plt Kabag Hakda Setdako Medan Indra Gunawan meninjau stand Pemko Medan yang berlokasi persis di depan objek wisata andalan Kota Pariaman yakni Pantai Gondoria. Peninjauan dilakukan untuk melihat kesiapan stand yang akan mempromosikan produk unggulan para pelaku UMKM di Kota Medan. (HPM)

Baca Berita Lainnya