Home Kesehatan Kalbe, POPTI Dan YTI Kunjungi RS USU di Hari Thalasemia Sedunia

Kalbe, POPTI Dan YTI Kunjungi RS USU di Hari Thalasemia Sedunia

by Redaksi

HARIANMEDAN (MEDAN) : PT. Kalbe, Perhimpunan Orangtua Peduli Thalasemia Indonesia (POPTI) dan Pengurus Yayasan Talasemia (YTI) kunjungi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) untuk menyerahkan souvernir ke pasien thalasemia, Jumat (08/05/2020). Souvenir itu diterima Kasi Medik RS USU dr Adike Aribi mewakili Direksi RS USU.

Ketua YTI Sumut, dr Rahayu Sa’at, SpA, mengatakan, setiap tahun kami peringatan dan tahun ini dibantu Kalbe.
Kami sosialisasi apa thalasemia itu, pencegahannya jg tak susah, jgn terjadi perkawinan sesama pembawa sifat agar anak anaknya tidak harus transfusi darah dan obat-obatan. Makanya periksakan diri sebelum menikah.

Sementara itu, penasehat YTI Sumut, Prof. Bidasari Lubis SP. A (K) menjelaskan bahwa Thalasemia ini adalah penyakit darah yang diturunkan, dimana jika si pria dan wanita pembawa gen sifat thalasemia menikah maka keturunannya akan menjadi penderita thalasemia.

“Thalasemia ini belum bisa disembuhkan dan hanya bisa dicegah. Oleh sebab itu, dianjurkan periksa darah dulu sebelum menikah agar keturunannya tidak kena Thalasemia,” katanya.

Menurutnya, jika anak sudah menjadi pasien Thalasemia, maka dipastikan sepanjang hidupnya harus mengalami transfusi darah dan konsumsi obat-obatan. Maka dirasa penting sekali pemeriksaan darah sebelum nikah tersebut.

“Jika ibu dan bapak pembawa sifat, maka si anak bisa penderita mayor. Namun jika si ibu aja atau si bapak saja, maka bisa hanya minor,” katanya.

Di RS. USU, Prof. Bidasari juga memberikan edukasi ke orang tua penderita dan menghibur si anak penderita agar tetap semangat dan selalu ceria.

Ketua POPTI Sumut, Syarmawati, kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari Thalasemia sedunia dan saat ini dibantu PT. Kalbe Farma dalam kegiatan ini. Syarmawati mengingatkan agar jaga HB nya agar tetap 9 dan jangan di bawah 9. “Di masa Covid begini, darah sangat lah langka maka bawa juga pendonornya,” pesannya.

Sementara itu, perwakilan dari PT. KALBE Farma, Ilham Satria, mengatakan, kami berusaha berpartisipasi dalam memperingati di hari Thalasemia bersama POPTI, para dokter dan rumah sakit. Kami berpesan agar semua pasien Thalasemia tetap semangat. (Red/.)

Baca Berita Lainnya