Home Kesehatan Pansus COVID-19 Dukung Penuh Percepatan Penanganan COVID Di Sumut

Pansus COVID-19 Dukung Penuh Percepatan Penanganan COVID Di Sumut

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN): Pansus COVID-19 DPRD Sumut mendukung penuh Pemerintah Provinsi Sumut dalam percepatan penanganan COVID-19 di masyarakat. Pansus minta agar bantuan ke masyarakat diberikan secara tunai agar lebih mempermudah kinerja pemerintah.

Hal itu disampaikan Ketua Pansus COVID-19 DPRD Sumut, H. Akbar Himawan Buchari SH, Rabu (27/05/2020). Akbar mengatakan, ada beberapa poin penting yang menjadi kesimpulan rapat kemarin yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumut, H. Musa Rajekshah, dan tim Pansus.

Akbar menilai, poin-poin tersebut telah menyentuh aspek kesehatan, sosial, ekonomi sekaligus menjadi solusi terbaik dalam menjawab keinginan masyarakat. Menurutnya, Pansus COVID telah mengusulkan agar bantuan ke masyarakat diserahkan dalam bentuk tunai dan tidak lagi bentuk sembako.

“Hal ini penting demi meringankan beban pemerintah, serta memberikan kewenangan ke masyarakat untuk menggunakan bantuan tersebut sesuai kebutuhan,” kata Akbar.

Akbar mengatakan, Pansus juga mengusulkan agar bantuan tidak hanya diberikan ke masyarakat yang terdata di DTKS saja, tapi juga harus menjangkau ke masyarakat perantau, TKI, orang miskin baru serta pelajar dan mahasiswa yang tidak bisa pulang kampung.

“Pansus juga menyarankan pentingnya pemutakhiran data agar bantuan Pemprovsu bisa dirasakan seluruh masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Untuk stimulasi ekonomi, menurut Akbar, Pak Wakil Gubernur juga akan mengusulkan agar Bank Sumut menyiapkan program stimulus ekonomi terutama di sektor pertanian agar bisa mencapai target swasembada pangan ditengah COVID.

“Alhamdulillah, usulan tersebut sangat baik dan kami dari Pansus mendukung penuh apa yang disampaikan Pak Wakil Gubernur. Kami juga berharap agar keberadaan UKM tetap diperhatikan agar perekonomian masyarakat tidak lumpuh,” katanya.

Terkait kesehatan, kata Akbar, Pansus berharap agar pemerintah memperhatikan betul para medis, mulai dari dokter, perawat dan tenaga pendukung lainnya. Katanya, hal ini sangat penting demi menjaga kesehatan dan keamanan para medis agar kerja-kerja penanganan pasien COVID dapat berjalan optimal.

“Pansus juga mendorong agar penanganan pasien ODP, PDP, OTG dan Positif COVID dapat lebih optimal, tentu hal ini harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat. Masyarakat juga diminta untuk patuhi anjuran pemerintah seperti penerapan pola hidup sehat, bersih agar mencegah penularan COVID,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut, H. Musa Rajekshah, berharap ada kordinasi yang baik antara Pemprovsu dan DPRD Sumut. “Kami ingin ada masukan dari legislatif, kami akan libatkan pihak legislatif dan menshare berbagai informasi terkait apa-apa saja yang sedang kami kerjakan,” katanya. (Red/.)

Baca Berita Lainnya