Home Berita Nasional Fraksi Gerindra: Pemprovsu Harus Punya BUMD Pangan Untuk Lindungi Petani

Fraksi Gerindra: Pemprovsu Harus Punya BUMD Pangan Untuk Lindungi Petani

by Redaksi

Gusmiyadi (Sekretaris Fraksi Gerindra Sumut)

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Fraksi Gerindra DPRD Sumut mendorong Pemprov Sumut untuk membangun perusahaan daerah yang bergerak dibidang pangan. Perusahaan pangan ini akan menjadi sandaran petani untuk mengkonsolidasi berbagai persoalan di hulu hingga kehilir.

Hal itu disampaikan Sekretaris Fraksi Gerindra Sumut, Gusmiyadi, Selasa (9/6). Gusmiyadi mengatakan, kondisi pandemi seperti ini bisa jadi momentum yang tepat bagi Pemprov Sumut untuk membangun perusahaan yang bergerak dibidang pangan.

Katanya, jika ini dapat dilakukan oleh pemprov, maka Sumut berpeluang memiliki solusi jangka panjang terkait pangan. Bukan sekedar menjawab isu ketahanan pangan dua tiga bulan saja, terlebih menggunakan instrumen impor, tetapi sebuah jalan keluar yang bersifat permanen bagi rakyat petani.

“Saya sudah turun kebanyak lokasi persawahan misalnya, mereka butuh situmulus agar bersedia menanam serempak. Mereka butuh alat pasca panen yang dapat meningkatkan nilai produksi, mereka butuh saluran pemasaran yang menguntungkan. Persoalan seperti ini, jika mampu diorkestrasi oleh BUMD pangan, sinergis dengan Dinas Pertanian Sumut, tentu dapat dibayangkan akan dapat mewujudkan visi Gubernur yang mulia itu,” tegasnya.

Katanya, Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumut memastikan diri untuk ada dibarisan terdepan untuk membantu Gubernur merealisasikan langkah strategis dibidang pangan ini. Katanya, kita semua akan bangga jika negara mampu mematok harga gabah menjadi stabil dan menjual hasil produksi dengan harga yang murah. Dan semua itu dilakukan secara kongkrit bukan sekedar himbauan. Karena ada instrumen pemerintah (BUMD) yang menemani rakyat petani secara langsung dilapangan. (ggs)

Baca Berita Lainnya