Home Komunitas Tiga Dosen FISIP UMSU Lakukan Abdimas Mitigasi Bencana di Tanah Jawa

Tiga Dosen FISIP UMSU Lakukan Abdimas Mitigasi Bencana di Tanah Jawa

by Redaksi

HARIAN MEDAN (SIMALUNGUN) : Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat (abdimas) yang merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi, tiga oranh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera (FISIP UMSU) menggelar kegiatan penguatan pengabdian masyarakat dalam penerapan mitigasi bencana tanah longsor dan banjir di Nagori Totap Majawa, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Sabtu(20/06/20).

Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Totap Majawa dan diikuti oleh peserta dari semua kalangan langsung dibuka oleh Pangulu Nagori Totap Majawa, Erlisa Sinaga.

Ketua tim pelaksana abdimas, Jehan Ridho Izharsyah, S.Sos, M.Si memaparkan kegiatam ini merupakan program kemitraan masyarakat yang bertujuan untuk untuk memberikan gambaran betapa pentingnya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam yang terjadi, seperti banjir dan tanah longsor.

Dalam kegiatan itu selaian dihadiri langsung dua peneliti lainnya, yakni Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom dan Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.I.Kom, turut serta juha beberapa mahasiswa FISIP UMSU.

Jehan menjelaskan pentingnya peran serta masyarakat dalam menghadapi bencana dengan melakukan beberapa strategi di antaranya penguatan terhadap kelembagaan, memberikan pemahaman terhadap tanda-tanda bencana dan penggunaan media sosial dalam memberikan informasi kebencanaan.

Sementara itu, Pangulu Nagori Totap Majawa, Erlisah Sinaga, menyambut baik dan antusias kegiatan yang dilakukan oleh dosen FISIP UMSU.

“Terimakasih pada tim dosen FISIP UMSU yang telah bersedia datang ke desa kami. Mudah-mudah kegiatan ini bermanfaat bagi kami, khususnya dalam menghadapi bencana,” ujarnya. (Red/)

Baca Berita Lainnya