Home Pendidikan USU Selenggarakan Bimtek Penyusunan Renstra Satker

USU Selenggarakan Bimtek Penyusunan Renstra Satker

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN ): Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Strategis Satuan Kerja di Lingkungan Universitas Sumatera Utara, yang dilaksanakan secara daring, Senin (03/08/2020). Bimtek dihadiri dan diikuti oleh para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan fakultas di lingkungan USU, direktur sekolah pascasarjana, para ketua dan sekretaris departemen/prodi serta para kepala bagian tata usaha dan kasubbag.

Dalam sambutannya, Rektor USU antara lain menyampaikan bahwa, penyusunan rencana strategis ini memiliki posisi yang sangat penting bagi perencanaan pembangunan dan pengembangan Universitas Sumatera Utara ke depan. Terutama dalam mendukung visi dan misi USU serta menyongsong persiapan masuk dalam pemeringkatan World Class University.

Ia juga menyebutkan keberhasilan USU baru-baru ini yang meraih prestasi menggembirakan berdasarkan versi data Webometrics yang dilansir pada Juli 2020 kemarin. “Saat ini Universitas Sumatera Utara telah berada di peringkat 1.564 di dunia, yang sebelumnya pada Januari 2020 masih berada di peringkat 1871 dunia. Dengan demikian, berarti terdapat kenaikan yang cukup signifikan sebanyak 307 peringkat dari bulan Januari,” katanya.

Rektor menambahkan, tentu kabar tersebut sangat membesarkan hati di tengah dukacita yang silih berganti menerpa, di mana semua orang masih harus berjuang melawan pandemi Covid-19.

“Semoga situasi yang tidak kondusif ini tidak melemahkan kita, melainkan berupaya menyiasati badai pandemi dengan tetap mempersembahkan kinerja dan prestasi terbaik, meski dalam keterbatasan gerak dan langkah. Prestasi yang baru saja didapatkan pada Webometrics Rank dan juga prestasi sebagai peringkat III di jajaran Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH) untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan memperoleh nilai 95,33 predikat AA, semoga dapat menyalakan kembali semangat kita dalam bekerja keras mewujudkan harapan untuk masuk dalam peringkat 500 World University Ranking atau 200 Asian University Ranking,” kata Prof Runtung.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung dalam dua gelombang yakni dari pukul 10.00 WIB – 12.30 WIB dan pukul 13.30 WIB – 16.00 WIB. Bimtek membahas dua hal penting yakni mengenai rencana strategis USU dan penyusunan renstra satuan kerja di USU. Hadir sebagai penyaji pada sesi pertama yaitu Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT dan penyaji kedua Dr Jonner Hasugian, M Si. (Red/.)

Baca Berita Lainnya