Home Headline Kemendikbud Minta Seluruh Dokumen Terkait Kisruh USU

Kemendikbud Minta Seluruh Dokumen Terkait Kisruh USU

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta seluruh dokumen terkait dengan permasalahan yang terjadi saat ini di Universitas Sumatera Utara dikirimkan lengkap dan segera ke Jakarta.

Demikian antara lain disampaikan Direktorat Jenderal Dikti Muhammad Nizam yang bertindak mewakili menteri, dalam rapat Majelis Wali Amanat via virtual, Jumat (15/01/2021).

Kemendikbud antara lain meminta dokumentasi sejak pelaporan via online terkait tuduhan plagiat yang ditujukan kepada Muryanto Amin, Rektor USU terpilih, kemudian pembentukan tim oleh Rektor, rapat tim dan hasil pemeriksaan tim, serta dokumen penyertanya.

“Hal itu wajib dikirimkan, untuk nantinya menjadi bahan review dari Kemendikbud untuk dilakukan kajian baik secara administrasi, maupun bahan penelitian termasuk peraturan yang dipakai serta kajian akademik lainnya,” terang sumber mengutip Muhammad Nizam.

Nantinya setelah ada review baru kemudian dilakukan pemeriksaan kepada semua pihak sesuai dengan hirarki aturan administrasi.

Dalam kesempatan terpisah, juru bicara Rektor USU terpilih Dr. Edy Ikhsan SH MA menyampaikan semua pihak dapat menahan diri dan menunggu sikap resmi dari Kementerian. Hal itu perlu agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi  terjadi permasalahan yang terjadi di USU.

Sementara dalam kesempatan lain beredar sepucuk surat keputusan  Rektor USU Nomor: 82/UN5.1.R/SK/KPM/2021 Tentang Penetapan Sanksi Pelanggaran Norma Etika Akademik/Etika Keilmuan dan Moral Sivitas Akademika Atas Nama Dr Muryanto Amin S.Sos MSi Dalam Kasus Plagiarisme, ditetapkan 14 Januari 2021. (Red/.)

Baca Berita Lainnya