Home Komunitas Program Kencleng BaPer HMJ Kessos UMSU Bantu Pedagang Kecil

Program Kencleng BaPer HMJ Kessos UMSU Bantu Pedagang Kecil

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Menyambut Tahun 2021, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial (HMJ Kessos) FISIP UMSU memberikan bantuan kepada kelompok pedagang kecil yang ada di Kota Medan. Ketua HMJ Kessos FISIP UMSU Aidil Aldan kepada wartawan, Rabu (13/1) mengatakan program bantuan kepada kelompok pedagang kecil ini mereka namakan dengan program UMKM Sejahtera dan merupakan lanjutan dari Program Kencleng BaPer (Celengan Koin Bawa Perubahan).

“Program ini merupakan program yang dikembangkan dari Program Kencleng BaPer, di mana uang koin yang ada dari Kencleng BaPer kita kumpulkan dan kita gunakan untuk membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan oleh si pedangan yang telah menjadi target penerima manfaat dari kita,” jelas Aidil yang didampingi oleh seluruh pengurus HMJ Kessos FISIP UMSU.

Aidil mengatakan, penerima manfaat pertama dari Program UMKM Sejahtera ini adalah Ibu Sri (67) yang merupakan pedagang gorengan yang berjualan di Jalan Wiliam Iskandar, tepatnya di depan Satlantas Polsek Percut Sei Tuan. Menurut Aidil, pemberian bantuan kepada Ibu Sri dinilai tepat karena tim HMJ Kessos sudah melakukan observasi dan assessment terhadap situasi Ibu Sri.

“Jadi Ibu Sri memang menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan gorengan. Kami memutuskan untuk memberikan bantuan berupa steling gorengan karena steling beliau sudah tidak layak, kami juga memberikan bantuan kursi dan meja pelastik yang bisa digunakan Ibu Sri untuk beristirahat dan memotong pisang atau meletakan adonan tepung gorengan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Aidil mengatakan, apa yang diberikan oleh HMJ Kessos FISIP UMSU berupa bantuan steling dan peralatan lainnya disambut positif oleh Ibu Sri. Bahkan, Aidil menuturkan Ibu Sri merasa sangat terbantu dengan pemberian steling karena dengan steling yang lebih bagus Ibu Sri berharap bisa menarik minat masyarakat untuk singgah dan membeli gorengannya.

“Jadi beliau ucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan. Kami juga kemudian mengajak Ibu Sri untuk menjadi bagian dari Program Kencleng BaPer dengan menitipkan kaleng celengan koin dengan harapan setiap pembeli gorengan Ibu Sri bisa memberikan sisa koinnya pada celangan yang telah kami titipkan di Ibu Sri. Sehingga penerima manfaat dari program ini bisa terus bertambah, khususnya bagi pedagang kecil dan kelompok masyarakat miskin,” ujar Aidil.

Sementara itu, Ketua Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UMSU, Mujahiddin S.Sos MSP menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi teori-teori dan teknik-teknik praktik pekerjaan sosial yang selama ini diberikan oleh dosen-dosen Prodi Kessos di dalam kelas.

“Kami dari program studi menyambut positif aktifitas ini. karena dengan adanya aktifitas atau program tersebut, mereka bisa mempraktikan ilmu yang mereka dapat di kelas. Mulai dari praktik melakukan observasi dan analisis situasi kehidupan klien, melakukan assessment terhadap kebutuhan klien atau penerima manfaat dan kemudian membentuk sistem sumber yang bisa digunakan untuk menolong si penerima manfaat tadi,” ujarnya. (*)

Baca Berita Lainnya