Home DaerahDeliserdang Saba Bangunan Paluta Melaju ke Semifinal Patumbak Cup

Saba Bangunan Paluta Melaju ke Semifinal Patumbak Cup

by Redaksi

HARIAN MEDAN (PATUMBAK): Kesebelasan asal Kabupaten Padanglawas Utara, Saba Bangunan FC melaju ke babak semifinal Patumbak CUP I. Pada pertandingan babak 8 besar, Minggu (17/01/2021), siang hingga sore, Saba Bangunan menang adu penalti 4-3 atas Tembung United.

Kick off babak I dimulai oleh Saba Bangunan FC dan langsung dilayani oleh Tembung United dengan jual beli serangan, ditambah situasi lapangan yang lembek dan licin. Gol pertama didahului oleh Saba Bangunan FC menit ke 20 setelah Muclisin Aziz Hutagalung mantan pemain Bandung United dan PON Sumut 2016 menanduk bola corner hasil sepak pojok Wahyu Darma (C).

Tujuh menit kemudian Tembung United menekan Klub yang dilatih oleh Prof Fidel Ganis Siregar (Lisensi C – AFC) melalui Syahru mahasiswa FISIP USU yang menendang dan mengenai Penjaga Gawang Ernesto Ganis Siregar mahasiswa F Kedokteran USU dan bola liar secara tak sengaja justru dimasukkan ke gawang sendiri oleh bek Saba Bangunan Fahmi Syahri yang juga mahasiswa FIB USU.

Tak menunggu lama semenit kemudian  Wahyu Darma kembali mengambil sepak pojok untuk Saba Bangunan yang bermarkas di Jalan Nagasati Ujung Gunung Tua Paluta dan dilesakkan dengan kepala oleh Rivaldo Enero

Pakpahan merubah skor menjadi 2-1. Sempat terjadi kerusuhan karena pemain belakang Tembung United menendang hidung Rivaldo sampai mengucurkan darah, dan justru membuahkan kartu kuning bagi Abdi Darma Pohan (Saba Bangunan) yang dianggap terlalu keras memprotes wasit.

Menit ke 34 Tembung United melalui Firman Abang kandung David Maulana mendapat tendangan bebas dan tidak menyia nyiakan peluang dengan melesakkan bola ke sudut kanan gawang Ernesto membuat skor menjadi 2-2. Tembung United menjadi unggul 3-2 setelah tendangan bebas Kapten Irsyad (mantan pemain PON Sumut 2016 dan Aceh United) tak dapat diantisipasi Ernesto karena bolanya justru naik mantul ke tanah dan membuat Saba Bangunan tertinggal 2-3 di babak I.

Babak ke 2 Saba Bangunan bermain All Out mengejar ketinggalan tetapi dibalas dengan

bertahan habis habisan oleh Tembung United. Gol balasan Saba Bangunan FC baru terjadi hanya 30 detik sebelum pertandingan berakhir setelah crossing jarak jauh Rio Syahputra Damanik  berhasil dikepalai oleh Achmad Yowanda mahasiswa FE USU.

Pertandingan harus ditentukan melalui tos tosan adu penalti. Ketiga penendang Saba Bangunan Wahyu Darma – M Ubaid – Aziz Hutagalung berhasil menyelesaikan tugas nya, demikian juga Irsad dan 2 pemain Tembung United.

Wasit terpaksa melakukan undian dan diputuskan Saba Bangunan menjadi penendang terakhir, namun jika gagal maka justru Tembung United yang jadi pemenang. Kevin Armedya maju dan menyelesaikan tugasnya dengan baik menendang ke pojok kiri atas kiper lawan, dan disambut dengan teriakan syukur pemain Saba Bangunan lainnya karena berhasil tampil sebagai pemenang.

Suasana pertandingan yang mendebarkan ini disaksikan langsung oleh Wakil ketua Saba Bangunan FC Riskal Lupti Harahap, juga Sekretaris Umum Asprov PSSI Sumut Ir Fityan Hamdi dan Ketum PSMS Mulyadi Simatupang.

Semifinal akan dilanjutkan Jumat 22 Januari mendatang. (Red/.)

Baca Berita Lainnya