Home Sumut Ketua DPRD Provinsi Sumut Dorong Pemkab Karo Terus Berinovasi

Ketua DPRD Provinsi Sumut Dorong Pemkab Karo Terus Berinovasi

by Redaksi

KABANJAHE : Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Drs Baskami Ginting, yakin, jika Kabupaten Karo masih memiliki potensi yang belum dikembangkan. Terkait hal itu, Baskami mendorong Pemkab Karo mengembangkan inovasi baru.
Hal itu disampaikan Baskami Ginting, usai menghadiri rapat paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-75 Tahun 2021,Senin (08/03/2021), di ruang rapat paripurna DPRD Karo di Kabanjahe. Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan dengan agenda tunggal mendengarkan pidato Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati yang juga Bupati Karo terpilih hasil pilkada Corry Sebayang, Kapolres, Ketua PN, para anggota DPRD dan SKPD se jajaran Setdakab Karo. Sebelumnya dilaksanakan ziarah nasional di Makam Pahlawan Kabanjahe.
Menuut Baskami, langkah-langkah strategis yang perlu dilaksanakan dalam hal ini ialah memanfaatkan keunggulan komperatif yang dimiliki Kabupaten Karo guna meraih peluang yang tersedia. Kekuatan Kabupaten Karo yang utama ialah potensi daerah yang datar di pegunungan (dataran tinggi) yang tidak dimiliki daerah atau negara lain sehingga bisa dikelola secara maksimal untuk merebut pasar nasional dan mancanegara. Disamping itu Kabupaten Karo memiliki alam yang indah dan udara yang sejuk serta dekat dengan pintu gerbang internasional. Sehingga potensi pengembangan agribisnis dalam kawasan agropolitan dataran tinggi karo dan pengembangan pariwisata melalui agrowisata dan ekowisata; serta membangun kerjasama dengan pihak luar.
Namun kata tokoh PDI Perjuangan Sumut itu, janganlah langkah-langkah itu sekedar wacana, berganti pimpinan, berganti strategi.”Strategi yang sudah dirancang dan anggaran yang sudah disiapkan, jangan kemudian diganti hanya karena berbeda pilihan.Pola pikir yang seperti ini wajib kita ubah, agar Karo bisa lebih maju lagi,” terang Baskami.
Sebelumnya, Ketua DPRDSU Baskami Ginting menyebutkan kehadirannya dalam merayakan hari jadi Kabupaten karo ke 75, merupakan sangat spesial dan berharga.
Hal ini diungkapkan Baskami Ginting saat melakukan tabur bunga di pusara kuburan putra karo pejuang kemerdekaan RI, Mayor (purn) Selamat Ginting alias Kilap Sumagan, bersama dengan Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua DPRD Karo Iriani beru Tarigan, Kabag Otda Robinson Brahmana dan Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana.
Menurut Baskami Ginting, perjuangan para pendahulu jangan pernah kita lupakan, sebab tanpa mereka kita tidak akan pernah menikmati seperti hari ini, dimana kita sudah terbebas dari para penjajah.
”Apalagi Kab. Karo daerah, banyak eks para pejuang yang ikut merebut kemerdekaan RI, diantaranya ada pahlawan Mayor (Purn) Selamat Ginting, pada masa zamannya dijuluki Kilap Sumagan sebagai komandan Sektor III resimen Napindo Halilintar, ‘’ terangnya.
Selanjutnya atas nama pimpinan DPRD Sumut, Baskami mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang telah genap usia 75 tahun, semoga Kab. Karo menjadi lebih maju dan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera dan makmur.
Baskami menambahkan, hari jadi Kab. Karo mulai terbentuk dan diperingati setiap tahunnya, sehingga tanggal 8 Maret menjadi hari sejarah Kab. Karo dalam merayakan hari jadi Kabupaten Karo. ‘’Saya apresiasi Bupati karo Terkelin Brahmana, yang telah tulus dan berjuang terbentuknya hari jadi Kabupaten Karo dalam masa kepemimpinannya,’’ ungkapnya
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH.MH sangat mengapresiasi atas kehadiran Ketua DPRD Sumut dalam perayaan hari jadi Kabupaten Karo ke 75. ‘’Apa yang dilakukan oleh ketua DPRD sumut dalam menghargai jasa jasa pahlawan sungguh mulia, dan rekam jejak ini patut kita contoh, sebab menghargai pahlawan sama dengan menghargai bangsanya sendiri.’’ Imbuhnya.

Baca Berita Lainnya