Home Berita Nasional KONI Sumut Lecut Semangat Olahraga Nias

KONI Sumut Lecut Semangat Olahraga Nias

by Redaksi

HARIAN MEDAN (GIDO, Nias) Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Provinsi Sumatera Utara, Jhon Ismadi Lubis meminta para pengurus dan stakeholder olahraga di Kabupaten Nias untuk bergerak lebih cermat, cepat dan segera dalam menggairahkan olahraga di pulau kawasan Samudera Hindia itu.

Dorongan itu disampaikannya saat melantik pengurus KONi Kabupaten Nias periode 2020-2024 di Aula Kota Gido, Kabupaten Nias, Kamis (25/03/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Nias diwakili
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Nias, F.Jefri W. Wau, S.Sos.MSi, unsut Forkopimda Nias, Sekretaris Umum KONI Sumut, Drs Chairul Azmi, Wakil Ketua Umum H Sakiruddin, SE. MM, dan Wakil Ketua  Bidang Organisasi KONI Sumut Muhammad Zeinizen, S.Sos.MSP. Hadir juga Ketua KONI Gunungsitoli, Faisal Makmur Zebua dan pengurus cabor di Nias.

Ketua Umum KONI Provinsi Sumatera Utara Jhon Ismadi Lubis, minta kepengurusan jangan sekedar pelantikan saja namun mengembangkan pembinaan cabang olahraga. Olahraga di Nias tertinggal dan harus dikejar untuk mengejar ketertinggalan, ujar Jhon Ismadi Lubis mengingatkan.

Terkait pengembangan, Jhon Ismadi Lubis menyampaikan¬† pembinaan tidak sekedar penyiapan atlet, ke depan perlu adanya POR Nias yang akan diikuti 5 kabupaten/kota di Pulau Nias. ” Saya ada bertemu dengan anggota DPRD SU untuk menyelenggarakan POR Nias. Ke depan Nias akan menjadi wilayah tersendiri pelaksanaan Porwil,” tegas Jhon Lubis.

Potensi atlet di Nias, ungkap Jhon Lubis, sangat besar, seperti voli pantai dan berencana menggelar Pelatda voli pantai di Nias. Keinginan Gubsu menyukseskan PON 2024 dengan pendirian Sumut Sport Centre dan berharap di setiap daerah ada GOR di Kabupaten/Kota sehingga mendorong kemajuan olahraga di Sumut. Cita-cita kita adalah 5 besar di PON 2024. 1 Juli 2021 kita siapkan Pelatda jangka panjang., demikian Jhon Ismadi Lubis.

Asisten I mewakili Bupati Kabupaten Nias, meminta pengurus KONI yang baru dilantik agat fokus.mendorong cabor unggulan dan perseorangan yang anggarannya masih bisa ditekan di masa pandemi. Program pembinaan bagi atlet dan kualitas SDM, khususnya pelatih sehingga bisa membangun atlet, demikian Jefri Wau.

Ketua Umum KONI Kabupaten Nias 2020 – 2024, Sofuziduhu Ndraha,SPd dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus bekerja keras membangun kinerja cabor di Nias dengan harapan ada satu atlet dari Nias untuk tampil pada PON Aceh-Sumut 2024. ” Kita berharap akan ada atlet angkat berat seperti Nanda Telaumbanua dan berprestasi atas nama Nias sehingga nama Nias akan semakin maju,” harapnya.

Ketua KONI Nias berharap.Pemkab Nias dapat memasukkan usulan anggaran pembinaan olahraga dapat ditampung di PABPD 2021 dan APBD 2022. (Red/.)

Baca Berita Lainnya