Home Berita Nasional USU – UMSU Tanda Tangan MoU Tingkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

USU – UMSU Tanda Tangan MoU Tingkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) : Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menandatangani kesepakatan kerja sama berupa Memorandum of Understanding (MoU) di Rumah Dinas Rektor USU, Jalan Universitas Kampus USU Padangbulan, Medan, Selasa siang (16/3). Penandatanganan yang berlangsung dengan protokol kesehatan langsung dilakukan Rektor USU Dr. Muryanto Amin, M.Si dan Rektor UMSU Dr. Agussani, MAP.

Rektor USU Muryanto Amin dalam sambutannya menyampaikan salah satu tujuan MoU ini adalah untuk sama-sama meningkatkan aktivitas-aktivitas penelitian, pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian pada masyarakat di kedua institusi perguruan tinggi. “Di tengah padatnya kegiatan dan banyaknya kesibukan, Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan yang positif seperti ini. USU siap bekerja sama dan berkolaborasi untuk meningkatkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muryanto menyatakan banyak kegiatan yang bisa dilakukan ke depan, seperti penelitian bersama atau joint riset dengan skim penelitian yang selanjutnya disepakati. Begitu juga dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara bersama, termasuk juga pertukaran dosen. “Bahkan kita juga bisa saling bekerja sama untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor USU didampingi WR 3 Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt, Siti Salmiah, drg., Sp.KGA. (Staf Ahli Rektor Bid. Kerjasama), Surya Darma, S.Sos. (Kepala Biro P2KM & K), Cut Hayatun Wardani, S.Sos (Kabag. Kerjasama), Anggia Murni, S.S., M.Si. (Kasubbag. Kerjasama Non Akademik), Febry Elviana, S.Si. (Kasubbag. Kerjasama Akademik), Amalia Meutia, M.Psi (Kepala Humas dan Protokoler), Renny Julia Harahap (humas), dan Amri Affandi Simatupang, S.Sos. (humas)

Rektor UMSU Dr. Agussani. M.AP menyambut positif penandatanganan MoU yang dilakukan di tengah berbagai aktivitas dan kesibukan kedua perguruan tinggi. “Seperti diketahui USU adalah perguruan tinggi negeri yang sudah dikenal dan termasuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia, tentu kami senang bisa menjalin dan melanjutkan kerja sama dalam bentuk MoU dengan tujuan saling membesarkan,” ujarnya.

Menurut Agussani, dalam perjalanannya UMSU tidak bisa dilepaskan dari USU. Sejak dulu hingga sekarang, dosen-dosen USU banyak yang mengajar di berbagai program studi yang ada di UMSU. “Kedua perguruan tinggi ini sudah berkolaborasi sejak lama. Sekarang, kita akan melanjutkan kembali kerja sama untuk melakukan berbagai aktivitas. UMSU siap dan senang menerima berbagai rencana program yang ditawarkan tadi,” ujarnya.

Rektor UMSU juga menyampaikan keberadaan Observatorium Ilmu Falaq (OIF) di kampus Pascasarjana yang menjadi salah satu kebanggaan UMSU dan sekarang sedang mengembangkan hal yang sama di Barus, Tapanuli Tengah. Rektor USU Muryanto Amin tertarik dengan keberadaan OIF UMSU dan ke depan akan melihat langsung dan merumuskan program kerja sama yang bisa dilakukan dalam bidang ini.

Rektor UMSU pada kesempatan itu didampingi Wakil Rektor I Dr. Muhammad Arifin, S.H., M.Hum, Wakil Rektor II Dr. Akrim, S.Pd.I., M.Pd, Wakil Rektor III Dr. Rudianto, S.Sos., M.Si, Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh Siregar, S.Sos., M.SP, Ka. Humas Dr. Ribut Priadi, S.Sos., M.I.kom, Ka. BAUM Erwin Asmadi, S.H., M.H, Ka. BAAD Dr. Marah Dolly Nst, S.Pd., M.Si, Ka. BIMAWA Radiman, S.E., M.Si, Kepala LKUI dr. Eka Airlangga, M.Pd(Ked)., Sp.A, Anggota LKUI Rafieqah Nalar Rizky, MA, dan staf Humas Arif Margolang dan Zulfan. (Red/)

Baca Berita Lainnya