Home Berita Nasional WR I USU : Pasien Ginjal Harus Lebih Paham Penyakitnya

WR I USU : Pasien Ginjal Harus Lebih Paham Penyakitnya

by Redaksi

HARIAN MEDAN (MEDAN) Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.Hum, mengingatkan pasien ginjal harus lebih memahami penyakitnya.

Hal itu disampaikan pada zoom meeting Hari Ginjal Sedunia. Hari Ginjal Sedunia Tahun ini, yang jatuh ditanggal 11 Maret 2021. Zoom meeting dengan tema Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal Kronis; Bebas dari Anemia dengan menghadirkan pembicara Dr dr Riri Andri Muzasti, M.Ked (PD) SpPO-KGH, FINASIM, kemudian materi gambaran klinis penyakit ginjal dan modalitas terapi pengganti ginjal dr M Feldy Gazali Nasution, SpPO.K-GH.

Menurut WR 1 yang hadir mewakili Rektor USU, Dr Muryanto Amin,S.Sos.MSi,  setiap tahun, tepatnya pada hari Kamis kedua di bulan Maret, diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia. Hari Ginjal Sedunia Tahun ini, jatuh ditanggal 11 Maret 2021. World Kidney Day tahun 2021 mengangkat tema “hidup berkualitas dengan penyakit ginjal”. Melalui tema ini, diharapkan pasien dengan penyakit ginjal dapat lebih paham terkait penyakitnya agar mendapat kulitas hidup yang maksimal.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 tidak menyurutkan RS USU untuk ikut memeriahkan peringatan World Kidney Day tahun ini.” Memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga kita masih bisa saling menyapa.

Melalui moment ini saya ingin menyampaikan agar kita semua menjaga kesehatan ginjal dengan melaksanakan pola hidup sehat,” demikian Edy Ikhsan.

Usai zoom meeting, Edi Ikhsan kemudian menyapa pasien Hemodialisa (HD) yang sedang melakukan perawatan di Poli HD RS USU, Kamis (25/03/2021). Edy Ikhsan memberi semangat para pasien. Untuk memeriahkan kegiatan dilanjutkan dengan pembagian door prize.

Baca Berita Lainnya